Home » Berita

PUSAT KARIR, WADAH LULUSAN MEMASUKI DUNIA KERJA

06/06/2018

Padang – Ditjen. Belmawa (5/6/2019). Ukuran keberhasilan perguruan tinggi (PT) dapat dinilai salah satunya dari mutu lulusannya yang diterima di dunia kerja. Guna mengetahui kemana saja lulusannya bekerja, PT perlu mencatat dan menelusuri (men-trace) para alumninya setelah lulus selama 2 (dua). Di era teknologi yang maju seperti sekarang ini semua hal ini menjadi mudah. Dengan mengetahui data alumni, utamanya nomor telepon dan alamat email mahasiswa yang sudah lulus, data tersebut dapat ditelusuri.

Direktorat Jenderal Pembelajaran (Ditjen. Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendorong agar setiap PT mempunyai unit kerja yang dinamakan Pusat Karir (PK). Pusat Karir adalah wadah pembinaaan karir mahasiswa dimana PT mempersiapkan dan memperkenalkan dunia kerja bagi calon lulusannya. Pusat Karir tidak terlepas dari sistem tracer study yang merupakan program penelusuran tentang keberadaan alumni PT. Pusat Karir juga merupakan unit yang sangat penting di PT, PK mencatat kebutuhan alumni dan sebagai ajang silaturahmi alumni. PK juga sebagai tempat untuk catatan hasil (outcome) PT dan evaluasi PT terhadap mutu lulusannya. Dengan mengumumkan persentase yang tinggi untuk lulusan yang langsung bekerja dibanding dengan jumlah mahasiswa yang lulus dapat dijadikan iklan tersendiri bagi PT, sehingga semakin banyak peminat yang ingin kuliah di PT tersebut.

Guna memacu pendirian PK di kampus-kampus, pada tahun 2018 Ditjen. Belmawa memberikan Hibah PK kepada 247 PT, yang terdiri dari 105 PK dan 142 PK Lanjutan dan sekaligus pendampingan (bimbingan teknis – Bimtek) bagi pendiriannya pada tanggal 25 Mei – 8 Juni 2018 di 6 (enam) lokasi di lingkungan PT Swasta di bawah koordinasi Kopertis V Yogyakarta, Kopertis IX Makassar, Kopertis VII Surabaya, Kopertis X Padang, Kopertis I Medan, dan Kopertis IV Bandung.Padang3

Pendampingan dan Bimtek dilaksanakan oleh Bapak Ruddy J. Suhatril sebagai anggota Tim Teknis PK Kepala Pusat Karir Universitas Guna Dharma, dan Ibu Ied Veda Sitepu, Kepala Pusat Karir Universitas Kristen Indonesia (UKI). Pada acara Bimtek di Kopertis X Padang, Sumatera Barat, Sekretaris Pelaksana Koordinator Kopertis, Bapak Yandri A., menyampaikan bahwa dari 250 PTS di Kopertis X yang meliputi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi baru 49 PTS yang mempunyai PK, sehingga acara Bimtek PK masih sangat diperlukan di Kopertis X. Para calon lulusan dapat dibimbing di PK, bagaimana membuat surat lamaran, cara bersikap ketika wawancara, pakaian apa yang akan dikenakan pada saat wawancara dan lain sebagainya sebagai persiapan calon lulusan memasuki dunia kerja. Pada intinya PT dapat mempersiapkan alumninya berhasil di dunia kerja sehingga meningkatkan mutu PT dan menaikkan jumlah siswa yang berminat kuliah di PT yang membuat mereka berhasil kelak. (mg/ditmawa)