Home » Berita

Generasinya Zaman Now Pendidiknya Juga Harus Zaman Now!

31/05/2018

Malang – Belmawa, Antusias peserta yang menhadiri Lokakarnya Penyamaan Persesi Calon Penguji Uji Kinerja (UKin)  Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) di Universitas Negeri Malang(UM), Kamis 31 Mei 2018 cukup besar, terbukti dari jumlah peserta yang hadir sebanyak 640 peserta terdiri dari Dosen, Guru SD, SMP dan SMA.  Peserta calon penguji Uji Kinerja  yang hadir ini akan diberikan pembekalan dan pelatihan termasuk standar penilaian dalam ujian kinerja terhadap peserta Pendidikan Profesi Guru.

peserta ukin-UMPada kesempatan tersebut hadir memberikan laporan kepada Rektor UM dan peserta yang hadir, Kasubdit Kompetensi Dra. Rahayu Retno Sunarni, M.Pd. Kegiatan yang sama sudah dilaksanakan di UNESA dan jumlah peserta yang hadir sebanyak 500 orang, dan ternyata peserta yang hadir di UM kurang lebih  sebanyak 640 orang, cukup banyak tegas Retno.

Lebih lanjut Retno menambahkan bahwa terdapat 3 bagian proses yang mengawal dalam pengelolan UKin ini antaralain pengembangan, Sistem Informasi , dan Penjaminan Mutu. Pada akhir proses penilaian semua guru yang lulus Uji Kompetensi(UKOM) yaitu UKin dan uji pengetahuan akan memiliki sertifikasi guru. Kembali Retno mengingatkan kepada peserta yang hadir agar tidak menguji dosen pembimbing dan Guru Pamong tetapi peserta PPG.

Saat ini kita memerlukan banyak penguji UKin baik dosen maupun guru, semua penguji harus mempunyai nomor register. Kami mohon bapak ibu dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga kita harapkan nanti mahasiswa akan dinilai dengan persepsi yang sama.
Saya kira begitu prinsip pertemuan ini,
Mudah-mudahanan walaupun bulan puasa, semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, tutup Retno pada laporannya.

rektor-UM-UKinHadir Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi”uddin M.Pd untuk membuka acara pelatihan, menyampaikan kepada  peserta “kita sadar bapak ibu untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara sistematis kita selalu berupaya meningkat kualitas gurunya”. UM sudah melaksanakannya mulai tahun 2006 s/d 2016, namun Ibu/Bapak tentu sudah paham peningkatan mutu pendidikan di negeri ini belum seperti diharapkan. Melalui kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Lanjut Rofi”uddin, Ibu/bapak untuk bisa menyelenggarakan ini semua, di era kita saat ini revolusi industri 4.0, kita harus paham sistem, kita sudah mempersiapkan sistem pendidikan LMS (Learning Management System) untuk mendukung proses pendidikan. Kita berencana separuh sistem pembelajaran ini akan kita laksanakan dalam jaringan(Daring) atau dengan online, setengah lagi luring (luar jaringan), tambah Rofi”uddin.

“Sekarang ini generasinya zaman now pendidiknya juga harus zaman now, tegas Rofi”uddin dan disambut tawa peserta yang hadir. Itu yang perlu kita sampaikan kepada semua peserta terkait bagaimana mengubah pola manajemen pendidikan kita, tutup Rofi”uddin dan dengan resmi memulai dan membuka acara pelatihan UKin. (WAS/HKLI)