Home » Berita

KRI-Regional III : 74 Tim Robot Siap Berkompetisi

19/04/2018

Semarang, 18 April 2018. Salah satu tujuan  pendidikan  tinggi  adalah  mengembangkan serta memperkaya khasanah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan  bangsa, sebagaimana tercantum dalam Nawacita yang selalu ditekankan oleh Bapak Presiden, terlebih dalam memasuki Era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi berkomitmen untuk mencapai target rencana strategis dalam peningkatan kuantitas mahasiswa berprestasi. melalui upaya peningkatan kualitas pelaksanaan program Kontes Robot Indonesia (KRI) yang setiap tahunnya digelar di tingkat regional, nasional dan internasional.

Hadir membuka acara Prof. Intan Ahmad, Ph.D, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang menyambut baik penyelenggaraan KRI tahun 2018. Intan menyampaikan bahwa dalam ajang ini setiap peserta harus mengeksplorasi kemampuannya dalam perancangan, implementasi, dan strategi serta mengembangkan idenya untuk dapat merancang dan membuat karya inovasi berbentuk robot dengan berbagai bentuk dan struktur serta kecerdasan, berdasarkan tema dan aturan main yang telah ditentukan, sehingga  mahasiswa dapat berkompetisi secara sportif. Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah memberikan dukungan penuh atas keberkelanjutan pelaksanaan KRI yang akan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tujuannya diadakannya Kontes Robot Indonesia adalah: a) Agar Mahasiswa Indonesia makin terpacu untuk berkarya dan berprestasi di tingkat dunia melalui ajang kreativitas kontes robot, b) berkreasi mengikuti perkembangan dunia robotika yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan pemahaman dan penguasaan Iptek dan aplikasi robotika dalam dunia industri masa depan. “Yang paling penting bahwa apapun bentuk lomba yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemahasiswaan harus bermakna pembelajaran terutama membangun softskills mahasiswa yang dibutuhkan dunia kerja maupun sebagai bekal kelak ketika menjalani kehidupan sebagai warga masyarakat, bangsa dan negaranya serta bekal untuk menjalani hidup di era globalisasi dan revolusi industri tahap 4 yang kini sudah mulai bergulir” Intan menegaskan.

Untuk dapat mengikuti kegiatan KRI, setiap tim calon peserta harus mengajukan proposal yang ditujukan ke Panitia Pusat KRI dengan persetujuan Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi. Setiap perguruan tinggi hanya dapat mengirim satu tim peserta untuk masing-masing divisi pada KRI. Tim yang lolos seleksi proposal mempersiapkan robotnya untuk evaluasi tahap kedua, dengan menyampaikan laporan kemajuan pembuatan robot. Tim yang lolos evaluasi tahap kedua berhak mengikuti KRI Tingkat Regional.

KRI diselenggarakan dalam 4 Wilayah Tingkat Regional, yang mencakup: Regional 1 yang meliputi Wilayah Sumatera dan sekitarnya; Regional 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya; Regional 3 meliputi Wilayah Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya; Regional 4 meliputi Jawa Timur dan sekitarnya. Peserta yang sebelumnya berada pada Regional 5 (Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua) akan diarahkan ke Regional 2, 3 dan 4.

Pelaksanaan  kontes sejak tanggal 16 hingga 18 April 2018 ini diikuti oleh 74 Tim Robot dari 4 Divisi di Regional III bertempat di Universitas PGRI Semarang. Adapun keempat divisi tersebut yaitu Divisi Kontes Robot Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) Indonesia (KRAI); Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI);  dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Berikut Jumlah Peserta Kontes Robot Tingkat Regional :

Jumlah Tim KRI

Layanan Informasi
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

 Email : layin.belmawa@ristekdikti.go.id, HP : 081289331670

Lampiran :

  1. KRI 2018 – Regional 3 Berita Acara
  2. KRI 2018 – Regional 3 SK Dewan Juri