Home » Dirjen Belmawa

Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional 2018

17/04/2018

Jakarta- Belmawa. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menghadiri konferensi pers pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) di Gedung Kemristekdikti – Senayan, Selasa 17 April 2018. Pada kesempatan tersebut Menristekdikti menyampaikan terdapat 3(tiga) tahap masuk Perguruan Tinggi Nasional (PTN), SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SBMPTN) dan Ujian Mandiri, dan hari ini akan diumumkan hasil dari SNMPTN pada pukul 17.00 WIB. Nasir mengucapkan terima kasih kepada seluruh Panitia yang telah bekerja keras untuk melakukan seleksi dan akan mengumumkan hasil seleksinya pada hari ini.

“Untuk SBMPTN, perlu disampaikan bahwa metode penilaian berbeda dengan tahun sebelumnya dimana penilaian berdasarkan tingkat kesulitan soal yang dikerjakan oleh siswa, makin tinggi tingkat kesulitan soal makin besar nilai yang diperoleh jika jawabannya benar. Diharapkan metode penilaian baru ini memberikan hasil yang lebih fair kepada siswa” lanjut Nasir.
Selanjutnya Menristekdikti menghimbau agar nantinya masyarakat tidak gaduh terhadap metode seleksi ini, karena jauh lebih memperhatikan kemampuan para siswa.

Penilaian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 (SBMPTN 2018)

Hadir mendampingi Menristekdikti Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad dan Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2018, Ravik Karsidi. Ravik memberikan penjelasan teknis tentang hasil SNMPTN dan ketentuan umum SNMPTN yang merupakan penelusuran nilai akademik (raport) dan fortofolio akademik. Semua data diperoleh dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa(PDSS), dimana syarat utama siswa harus punya Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) dan sekolah punya Nomor Pokok Sekolah Nasional(NPSN).

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad menambahkan adapun Farmasi, Aktuaria, Ilmu Gizi, merupakan program studi yang peningkatannya lumayan tinggi tahun ini.
Meskipun masih prediksi sementara, ini ada keterkaitan dengan era revolusi industri 4.0 dimana masyarakat sekarang melihat kesempatan yang lebih baik dibidang aktuaria, kesadaran akan kesehatan dan gizi juga meningkat, jelas Intan.

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia sebanyak 110.946 siswa. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Panitia Pusat dari jumlah pendaftar sebanyak 586.155 siswa. Dari jumlah yang dinyatakan lulus di PTN tersebut termasuk 28.069 siswa dari peserta berpotensi menerima Bidikmisi.

Pada prisipnya panitia berusaha menjaga kredibilitas pengelolaan dalam kepanitian ini, dan mengharap bantuan teman-teman pers dalam publikasi pengumuman ini, Ravik sampaikan kepada wartawan yang hadir.

Mengakhiri press conference, Ketua Panitia SNMPTN menyampaikan agar masyarakat tidak kewalahan dalam mengakses tautan. Pengumuman SNMPTN 2018 dapat diakses pada hari Selasa, 17 April 2018 pukul 17.00 WIB melalui laman resmi SNMPTN di http://pengumuman.snmptn.ac.id dan terdapat 12 laman mirror sebagai berikut:

http://snmptn.unsyiah.ac.id
http://snmptn.unand.ac.id
http://snmptn.unsri.ac.id
http://snmptn.ui.ac.id
http://snmptn.ipb.ac.id
http://snmptn.itb.ac.id
http://snmptn.undip.ac.id
http://snmptn.ugm.ac.id
http://snmptn.its.ac.id
http://snmptn.unair.ac.id
http://snmptn.untan.ac.id
http://snmptn.unhas.ac.id
sementara untuk media cetak dapat dibaca pada esok harinya 18 April 2018

Lampiran :

Siaran Pers Pengumuman SNMPTN 2018