Home » Direktorat Pembelajaran

Memandang Revolusi Industri & Dialog Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Indonesia

31/01/2018

Pertama-tama perkenankan saya mengucapkan puji syukur ke hadlirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya salah satu referensi buku untuk General Education dengan judul “Memandang Revolusi Industri dan Dialog Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Indonesia” yang merupakan wujud semangat mengajak praktik baik dialog karakter yang menginspirasi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kuali kasi Nasional Indonesia (KKNI), dan juga Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi mengamanatkan bahwa lulusan Perguruan Tinggi harus memenuhi capaian pembelajaran (learning outcome) sesuai level KKNI tertentu.

Sejalan dengan regulasi di atas dan program Nawacita yang dicanangkan oleh pemerintah, lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia dituntut untuk menjadi agen strategis bagi pembangunan Bangsa Indonesia yang kompetitif, beragam, maju, dan beradab. Untuk melaksanakan amanat dari regulasi dan program pemerintah, maka salah satu tugas Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi adalah mengawal Perguruan Tinggi untuk mempersiapkan generasi muda agar mampu meningkatkan daya saing bangsa, adaptif, eksibel, kreatif, dan memiliki inovasi tinggi sebagai agen perubahan dengan muatan karakter berbudaya Indonesia. Selain mahasiswa, dosen-dosen muda adalah calon pemimpin masa depan Indonesia yang harus memiliki sikap mental dan karakter Bangsa Indonesia yang mumpuni.

Buku ini diharapkan dapat menjadi tambahan sumber inspirasi yang signi kan bagi proses belajar mahasiswa, memberikan bekal bagi mahasiswa dan para dosen untuk menjadi pemimpin yang amanah, bermartabat, bertanggung jawab, dan menjadi teladan yang baik bagi rakyat Indonesia dan masyarakat dunia.

Penghargaan dan ucapan terima kasih disampaikan kepada Direktur Pembelajaran, tim penyusun, kontributor dan seluruh pihak yang berperan aktif dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi institusi pendidikan, kementerian/lembaga pemerintah, dosen, mahasiswa dan masyarakat.

Jakarta, Juli 2017
Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi,

 

Intan Ahmad

Buku : Memandang revolusi industri