Home » Berita

Menanamkan Keterampilan Kewirausahaan di Lingkungan Pendidikan Tinggi

05/12/2017

Kendari – Belmawa. Kewirausahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh generasi muda, terutama di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Karena pentingnya hal tersebut, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, khususnya Direktorat Kemahasiswaan, mengadakan Studium General Kewirausahaan sebagai kegiatan rutin dalam rangka meningkatkan keterampilan kewirausahaan pada mahasiswa.

Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ismet Yusputra membuka Studium General Kewirausahaan yang kali ini digelar di Universitas Haluoleo, Sulawesi Tenggara. Beberapa perwakilan dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di wilayah Sulawesi Tenggara berkumpul dan berdiskusi pada kegiatan yang dilaksanakan Minggu lalu (3/12). Ismet menyampaikan pentingnya menanamkan keterampilan kewirausahaan di lingkungan pendidikan tinggi.

Sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut, dosen Institut Pertanian Bogor Abdul Basith menyampaikan bahwa generasi muda di Indonesia masih belum bisa keluar dari zona nyaman, karena terbiasa dipermudah dan difasilitasi oleh orangtuanya. Keadaan tersebut menjadi salah satu faktor penghambat tumbuhnya jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda Indonesia.

“Kita perlu merubah kebiasaan, yang selama ini terbiasa sebagai konsumen, harus bisa berusaha menjadi produsen,” himbau Abdul.

Menyambung materi Abdul, narasumber dari Institut Teknologi Surabaya Widyastuti menyampaikan bahwa untuk menjadi wirausaha muda bukanlah hal yang mudah. Terlebih dalam menghadapi kondisi pangsa pasar yang sudah dua tahun ini banyak menemui tantangan pasar bebas ASEAN, dimana persaingan sudah semakin tidak terbatas.

“Generasi muda harus pantang menyerah dan berani berinovasi. Untuk memulai berwirausaha, kita harus jeli membaca peluang pasar, memiliki keterampilan dasar berwirausaha, mencari informasi berbagai program pembinaan, dan pendanaan. Yang terakhir dan yang paling penting, lakukan sekarang!” tuturnya sambil tersenyum. (GPK-KK/Editor/HKLI)