Home » Berita

IdREN: Mendukung Riset dan Inovasi Berbasis Teknologi di Masa Depan

24/11/2017

Jakarta, 24 November 2017. Dalam rangka memperluas cakupan keterlibatan institusi akademik dan riset ke dalam Indonesian Research and Education Network (IdREN), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi untuk pengembangan konektivitas jaringan dan layanan IdREN yang berkelanjutan dengan melaksanakan Workshop Aktivasi Layanan Konektivitas dan Akses Jaringan IdREN, Jumat 24 November 2017 di Jakarta.

Selama satu hari, kegiatan yang diikuti oleh pengelola Pusat Teknologi Komputer/IT di masing-masing perguruan tinggi dengan agenda sosialisasi dan pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat memahami misi IdREN dalam pengembangan pendidikan dan riset serta inovasi nasional, sehingga peserta dapat menjadi agent of change dalam pengembangan IdREN, dan memberikan dukungan kepada para pendidik, peneliti dan perekayasa di lingkungan masing-masing.

Workshop secara resmi dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Rina Indiastuti, menyatakan bahwa saat ini jumlah Perguruan Tingi (PT) yang telah terkoneksi melalui IdREN telah mencapa 36 PT, dan masih dalam antrian dalam koneksi lapisan link fisik sudah cukup banyak (84 PT). PT yang terkoneksi tersebut memiliki kemampuan sumber daya teknologi informasi yang sangat bervariasi. “IdREN menyukseskan peran digital perguruan tinggi dalam meningkatkan proses pembelajaran serta menciptakan lulusan yang berwawasan teknologi”, Rina menjelaskan.

IdREN merupakan jaringan yang dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan-kegiatan pendidikan tinggi khususnya, riset dan kolaborasi riset internasional, melalui jalur privat yang terhubung ke global REN (Research Education Networks). IdREN ini merupakan inisiatif lanjutan dari inisiatif sejenis yakni, INHERENT, yang telah diawali tahun 2006 sampai dengan 2013 yang telah dibangun bersama oleh UI, ITB, UGM, UB, dan ITS didukung oleh operator nasional jaringan : PT. Telkom Indonesia, telah beroperasi sejak 2015.

Pemanfaatan jaringan ini, tidak hanya diperuntukkan perguruan tinggi saja, mengingat tujuan REN, maka IdREN terbuka untuk kegiatan pendidikan dan riset, oleh lembaga-lembaga terkait dengan sumber daya pendidikan dan riset. Saat ini sedang dilaksanakan koneksi akses jaringan dan integrasi layanan yang dimungkinkan ke lembaga nasional, seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Dengan keberadaan IdREN dapat mendukung kegiatan pembelajaran, seminar dan kolaborasi melalui jejaring REN; akses konten repositori perkuliahan digital (Video ajar); akses ke sumber belajar dan referensi, serta sumber daya ilmu pengetahuan maju dari lembaga-lembaga riset dunia; eksperimen yang memerlukan kapasitas layanan sangat besar, dengan memanfaatkan sumber daya yang berada di jejaring REN global; eksperimen dalam jejaring nyata yang tidak dapat dijalankan di jejaring internet komersial; kolaborasi dan kerjasama antar lembaga pendidikan tinggi dan riset dalam negeri maupun internasional; pengembangan tenaga terampil di bidang jejaring internet dan aplikasi teknologi informasi; serta berbagi sumber daya teknologi informasi antar perguruan tinggi dan lembaga riset, untuk disaster recovery ataupun layanan yang lain.(NH/HKLI)

Layanan Informasi
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI
Email : nherlina@ristekdikti.go.id, walanstar@ristekdikti.go.id
telp : +62 812 8933 1670, +62 813 9691 7283.