Home » Berita

Siaran Pers: Wirausaha Mahasiswa Indonesia Siap Tantang Ekonomi Global

23/11/2017

Pontianak, 23 November 2017 – Setelah Malang, tahun ini Pontianak berkesempatan menjadi tuan rumah acara Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) VIII. Hingga Jumat, 24 November 2017 nanti, KMI VIII Tahun 2017 diselenggarakan di Politeknik Negeri Pontianak. Sejumlah 97 Perguruan Tinggi terdaftar sebagai peserta expo tahun ini, ditambah dengan enam Perguruan Tinggi non-delegasi yang turut meramaikan program nasional tersebut.

Mengusung tema “Keberagaman Indonesia Sebagai Kekuatan Wirausaha Mahasiswa Dalam Ekonomi Global, Power and Harmony in Diversity”, KMI VIII Tahun 2017 diharapkan dapat menjadi panggung untuk menampilkan kreativitas wirausaha mahasiswa Indonesia, serta menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia.

Membuka kegiatan utama expo tahun ini, Staf Ahli Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Hari Purwanto mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 jumlah wirausaha di Indonesia tercatat sebanyak 3.1% jumlah penduduk. Angka tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2014 tercatat jumlah wirausaha hanya sebanyak 1.5% jumlah penduduk.

Dalam sambutannya, Hari menyatakan bahwa Ristekdikti mendorong wirausaha berbasis teknologi dan pendidikan, yang dalam hal ini diwujudkan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), melalui program-program kewirausahaan, dengan Expo KMI ini sebagai puncak.

“Tugas perguruan tinggi tak hanya dalam bidang pendidikan tinggi saja, namun juga untuk menumbuhkan perekonomian dan menambah nilai kemasyarakatan. Semoga expo ini sukses, baik dalam penyelenggaraan, pertanggungjawaban, hingga tindak lanjut kerjasamanya,” pesan Hari.

Acara Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) VIII Tahun 2017 kemudian secara resmi dibuka oleh Hari Purwanto, Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Didin Wahidin, dan Direktur Politeknik Negeri Pontianak Toasin Asha.

Kegiatan utama Expo KMI VIII yang akan diselenggarakan hari ini (23/11) terdiri dari pameran dan bazaar produk kewirausahaan serta produk unggulan, KMI Award sesi pertama, talk show kewirausahaan bersama Ketua BPP HIPMI, hingga acara Sarasehan Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia, melanjutkan Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi yang telah dilaksanakan malam tadi.

Expo masih akan dilangsungkan hingga Jumat malam (24/11), yaitu ditutup dengan pengumuman pemenang KMI Award yang meliputi wirausaha terbaik dan stand terbaik. (DRT/Editor/HKLI)

Kasubag Layanan Informasi
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Neni Herlina
Email : nherlina@ristekdikti.go.id, walanstar@gmail.com
telp : +62 878 8232 5385, +62 813 9691 7283 (walanstar)