Melalui SUKMALINDO Indonesia – Malaysia Semakin Erat

Direktur-atlet-delegasi sukmalindo malaysiaSemarang – Belmawa. Telah dilaksanakan Sukan Malaysia Indonesia ke sepuluh (SUKMALINDO X) di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang dilaksanakan mulai 9-12 Nopember di gedung Budaya UNNES.  Kegiatan tahunan yang dilaksanakan kedua negara secara bergantian  ini bertujuan untuk untuk mempererat tali persaudaraan dan persahabatan antar dua negara, menciptakan daya saing bangsa, membangun karakter mahasiswa yang kuat, serta mewujudkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Terdapat lima cabang olahraga yang dipertandingkan selama kegiatan berlangsung antara lain Bolavoli, bulu tangkis, futsal, sepaktakraw, dan panahan. Dari hasil pertandingan Indonesia mendominasi seluruh cabang olahraga. Dengan perolehan Indonesia – Malaysia : Bolavoli 3-0, Bulutangkis 4-1, Futsal 4-2, Sepaktakraw 2-1, dan Panahan 5-1.

Sepak takraw

Wakil Rektor III UNNES Dr. Bambang Budi Raharjo pada sambutan mengucapkan terimakasih ke kemristekdikti atas kepercayaan yang mahal ini.  Unnes sangat bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan ini, mohon maaf atas kekurangan pelayanan karena keterbatasan sumber daya manusia. UNNES sangat ingin berusaha menampilkan segala yang terbaik, dan sebagai penutup
Sampai jumpa kembali di Sukmalindo berikutnya di Malaysia, Tutup Bambang pada sambutannya.

Sebagai delegasi dari Malaysia Prof. Madya DR. Sopian Bin Bujang memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada Kemristekdikti, UNNES, dan seluruh penyelenggara kegiatan karena telah disambut  dengan warm welcome (red: disambut dengan hangat) mulai dari penjemputan di bandara hingga ke penginapan. The best that we have adalah makanan terbaik, kami telah dapat dari semarang.
Dari malam pertama sangat berkesan. Kita akan menyambut rombongan Indonesia pada tahun harapan.
Mohon kemaafan diatas kesalahan, kelakuan kita tingkah laku yang kurang enak, terima kasih tutup Sopian dilanjut dengan tarian daerah Waradugder (tarian tradisional semarang) dari perwakilan Indonesia kemudian dibalas dengan tarian NEGARAKU dari negara Malaysia.

Pada saat memberikan sambutan Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin menyampaikan maju bersama untuk dunia yang damai. Tentu berolahraga semangat untuk menang ada, tetapi kekeluargaan dan persahabatan hal yang lebih penting. Erat bahkan bukan hanya generasi kita saat ini tetapi generasi yang akan datang juga harus, lanjut Didin. Kita akan mengakhiri pertemuan malam ini secara fisik tetapi tidak secara batin. Mudah-mudahan kontingen dari Malaysia mendapat kesan yang indah dari Semarang
atas nama Kementerian, terimakasih kepada UNNES dan universitas yang mengirimkan perwakilan dari seluruh penjuru Indonesia, demikian juga duta kebudayaan yang telah kita padukan dari perguruan tinggi. Tentu saja ini pertandingan persahabatan, mudah-mudahan anak-anak kita bisa saling belajar.
Saya selalu mengatakan kepada mahasiswa saya

“Olahraga tidak dilihat dari olahraga saja, tetapi lihat proses didalamnya ada harmoni, bisa mengerti satu sama lain, daya juang dan teamwork satu sama lain”.

Mudah-mudahanan melalui Sukmalindo kita dapat saling pengertian, saling memahai, semakin erat, kuat persaudaraan sehingga tidak mudah diganggu isu apapun.
Keharuan dan ucapan selamat jalan, semoga membawa kesan baik kembali ke Malaysia, persaudaraan kita semakin kuat. Indonesia demikian beragam dan luas mudah-mudahan seluruh bagian indonesia menjadi sahabat dari Malaysia.
Mohon maaf bagi yang kurang berkenan, mudah-mudahan hal yang kurang baik selama pelaksanaan Sukmalindo tinggal disini, sampai bertemu dalam suasana yang lebih indah dan marak pada Sukmalindo berikutnya. Tuan dan puan sekalian dengan mengharap ijin dari bapak ibu marilah kita akhiri dengan mengucapkan Alhamdulillahirobbil Alamin, Tutup Didin. (WAS/Editor:HKLI)