Wujudkan Persahabatan Mahasiswa Dua Negara Melalui Olahraga

malaysia dan Indonesia

Semarang – Belmawa. Indonesia dan Malaysia sedang melaksanakan pertandingan olahraga persahabatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 – 12 Nopember 2017.  Bertempat di Universitas Negeri Semarang (UNNES), kegiatan tahunan kedua negara sudah ke-sepuluh kalinya dilaksanakan  sejak 2007 dengan sebutan Sukan Malaysia -Indonesia (SUKMALINDO). SUKMALINDO-X merupakan  tradisi yang dilaksanakan secara bergantian baik di Indonesia dan Malaysia.  Sebagai penyelenggara tahun ini,  kegiatan tersebut dilaksanakan di UNNES – Kampus Sekaran Gunungpati.

Bambang Budi Raharjo, Wakil Rektor III UNNES secara khusus menyambut kedatangan   delegasi Malaysia.  Ia menyampaikan bahwa SUKMALINDO ini untuk mempererat tali persaudaraan dan persahabatan antar dua negara, menciptakan daya saing bangsa, membangun karakter mahasiswa yang kuat, serta mewujudkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Jumlah atlet dan ofisial yang mengikuti SUKAMLINDO X di UNNES ini  90 orang. 5 cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain : badminton beregu, sepak takraw beregu, bola voli, futsal dan panahan, dimana  seluruh  petandingan adalah persahabatan.

Atlet Sukmalindo Indonesia

Atlet Sukmalindo Indonesia

Hadir Fathur Rokhman, Rektor UNNES, dalam pembukaan acara. Fatur menyampaikan bahwa Indonesia – Malaysia adalah saudara serumpun yang harus direkat dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah olahraga. Melalui SUKMALINDO, kita bisa menyambung silaturahmi dan menutup retak-retak yang ada, mencairkan hubungan kedua negara. Karena kegiatan olahraga itu adalah sportifitas, tidak ada masalah di Indonesia dengan Malaysia. “Masyarakat  Malaysia dan Indonesia sama, sama-sama ramah dan baik hati.  Semoga sukses dan berkah serta dapat merekat persaudaraaan serumpun,” tutup Fathur.

Hadir delegasi dari Malaysia, Prof. Nik Wan bin Omar Tnc hal ehwal pelajar, Universiti Sultan Zainal Abidin Unisza. Ia menyampaikan terimakasih kepada Rektor UNNES yang menyambut begitu baik. Ini menunjukkan keserekanan antara mahasiswa dan pendidik senantiasa bekerjasama. “Kita dihibur dengan baik dengan lagu malaysia”. Diakhir sambutan, Nik Wan mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada UNNES.

rektor unnes-direktur kemahasisswa-delegasi sukmalindo malaysia-resizedDirektur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa, Didin Wahidin, mengucapkan selamat datang kepada rombongan dan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat membahagiakan dan membanggakan, “Semoga kita semakin akrab jangan jaga jarak, mudah-mudahan dengan berbagai cara dapat kita mengeratkan persahabatan kedua negara. Kita juga telah melaksanakan festival tari borneo (Malaysia,Indonesia dan Brunai) dalam bidang budaya, mudah-mudahan dalam bidang yang lain termasuk KKN kebangsaan”. Kita punya banyak kegiatan untuk menyatukan Malaysia-Indonesia. Kami atas nama kementerian mengucapkan selamat datang. Melalui kegiatan ini kita dapat semakin akrab. Saat kita sudah memasuki MEA, mudah-mudahan kita dapat menyatu dan bersaing dalam kawasan yang lainnya juga. Pada akhir sambutannya, Didin minta agar  negara serumpun  tidak bisa dipisahkan oleh apapun. Pembelajaran juga untuk mahasiswa, kita bisa saling belajar menyapa dan ini merupakan hal yang  luar biasa. “Mudah-mudahan terus menyatu, jangan ada perpecahan diantara kita”, tutup Didin dalam sambutannya (Was/Editor/HKLI).