Home » Berita

52 Mahasiswa Siap Harumkan Nama Bangsa Di Taiwan

18/08/2017

Jakarta – Belmawa. 17 Agustus merupakan momentum bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Tidak lepas dari semarak memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi juga memiliki momentum untuk melepaskan delegasi Indonesia ke Taiwan. Para Mahasiswa tersebut akan dikirim ke ajang Universiade Ke-XXIX yang diselenggarakan pada tanggal 19-30 Agustus 2017 di Taiwan. 

Universiade merupakan ajang bagi para atlet mahasiswa internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Universiade merupakan akronim dari kata University dan Olympiad yang dikelola oleh International University Sports Federation. Pada musim panas tahun ini, Taipei, Taiwan menjadi tuan rumah perhelatan akbar antar mahasiswa internasional tersebut.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad melepaskan dan mengukuhkan kontingen Indonesia pada malam 17 Agutus 2017 yang terdiri dari para official, atlet, dan pelatih. Disaksikan oleh para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta, Kementerian Pemuda dan Olahraga, KONI Pusat, KOI, Kementerian Luar Negeri, serta Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, Taiwan.

Atlet Mahasiswa yang dikirimkan sebanyak 52 orang untuk 9 cabang olah raga. Kesembilan cabang olah raga tersebut diantaranya adalah panahan, hanggar, angkat besi, taekwondo, renang, tennis, atletik, badminton, dan wushu. Tidak ketinggalan, 14 pelatih yang siap membimbing dan mendampingi para atlet mahasiswa untuk berlaga di ajang tersebut.

Para kontingen akan dibagi dalam tiga kloter keberangkatan. Intan Ahmad berpesan kepada seluruh mahasiswa yang akan berangkat bahwa kegiatan apa pun termasuk Universiade, bukan hanya ditujukan untuk mengejar medali semata, melainkan harus menjadi kegiatan pembelajaran atau menjadi wahana pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai baik, memupuk rasa nasionalisme, integritas, kejujuran, keberanian, team work, sportivitas, nilai-nilai perjuangan melawan diri sendiri dan orang lain, kerja keras, saling menghargai, serta memupuk kepercayaan diri, juga terutama kesehatan dan kebugaran.

“Di pundakmu terdapat Nama Besar Bangsa Indonesia, berjuanglah dengan sepenuh hati dan kerahkan segenap kemampuan untuk memberikan yang terbaik bagi bangsamu. Raihlah prestasi setinggi tingginya demi Bangsa dan
Negaramu tercinta,” pesan Intan.

Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin turut berpesan untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang memperluas jaringan. “Selain berkompetisi dalam menunjukkan kemampuan prestasi di berbagai cabang olahraga antar mahasiswa, kami harap ajang tersebut juga menjadi wadah untuk menjalin persahabatan antar mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa dari berbagai negara dan bangsa melalui partisipasi olahraga internasional,” tuturnya.

Pemerintah dan Masyarakat Indonesia pun berharap kepada para atlet mahasiswa agar menjadi kebanggaan negara yang mengharumkan nama bangsa. Indonesia menanti prestasi para generasi muda. INDONESIA JAYA! (HLMY/Editor/HKLI))