Home » Berita

Booth Ditjen Belmawa Ramai Dikunjungi Pada Ritech Expo 2017

13/08/2017

Makassar – Belmawa. Memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-22 Tahun 2017, diselenggarakan pameran tahunan Ritech Expo yang digelar sejak 10 Agustus hingga 13 Agustus 2017, di Center Point of Indonesia, Makassar. Sejak resmi dibuka pada 10 Agustus 2017, tidak kurang dari delapan ribu pengunjung membanjiri pameran tersebut. Tidak terkecuali area Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), yang berlokasi di area pameran outdoor, berdekatan dengan booth pameran dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

DSC_6183Memanfaatkan ramainya pengunjung, petugas pameran dari Ditjen Belmawa melakukan sosialisasi program-program Ditjen Belmawa dengan membagikan majalah, flyer, dan buku-buku program. Tak sedikit pengunjung yang juga bertanya terkait program Belmawa, seperti Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi, Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) 3T, Papua, dan Papua Barat, program Pendidikan Profesi Guru (PPG), program perkuliahan jarak jauh dengan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA), Credit Transfer, hingga mengenai Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.

Tampak juga beberapa robot hasil karya mahasiswa perguruan tinggi di Makassar yang turut meramaikan booth Belmawa di Ritech Expo 2017. Robot menari dan robot sepak bola mengundang decak kagum dari penonton yang berkunjung, yang sebagian besar dari mereka belum pernah tersosialisasi mengenai kegiatan robotika kemahasiswaan yang didukung oleh Ditjen Belmawa.

DSC_6161Robot yang ditampilkan adalah hasil karya dari mahasiswa tim robot Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar. Robot menari yang mereka pamerkan berhasil menduduki Juara I Regional II Kontes Robot Seni Tari Indonesia 2017 yang digelar Mei lalu. Mereka juga memamerkan robot sepak bola yang berhasil menduduki Juara II Regional II Kontes Robot ABU Indonesia di kompetisi yang sama. Di hari terakhir Ritech Expo, tim robot PNUP juga memamerkan Kapal SeaWOLF_MP, hasil karya mereka yang berhasil menjuarai Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional kategori Electronic Remote Control (ERC) pada tahun 2014 silam. Robot-robot yang dipamerkan tersebut membuktikan bahwa Ditjen Belmawa tak hanya mendukung kegiatan akademik pendidikan tinggi saja, namun juga kegiatan-kegiatan kemahasiswaan lainnya yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Para petugas pameran Ditjen Belmawa di Ritech Expo 2017 mengaku cukup bangga dengan banyaknya pengunjung yang hadir. Selain memberikan informasi program kepada ratusan pengunjung yang hadir di booth Belmawa selama empat hari pameran tersebut, Ritech Expo juga menjadi sarana bagi Ditjen Belmawa dalam menyampaikan pesan bahwa kami peduli dengan pembelajaran dan kemahasiswaan serta penjaminan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, dan kami melakukan segala upaya dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan di pendidikan tinggi serta meningkatkan kualitas penjaminan mutunya. (DRT/Editor/HKLI)