Home » Berita

Penandatanangan Perjanjian Kerjasama FKUI-FKUNIPA

25/07/2017

Jakarta – Belmawa.  25/7/17.  Masyarakat yang sehat dan sejahtera merupakan keinginan dan impian yang tidak dapat dipungkiri lagi. Masyarakat Papua Barat pun berhak mendengar kabar gembira ini. Pemerintah, pada khususnya Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti memfasilitasi pertemuan antara Pemerintah Provinsi Papua Barat, Rektor Universitas Negeri Papua, dan Rektor Universitas Indonesia untuk melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Rektor Universitas Negeri Papua (Unipa) Dr. Ir. Jacob Manusawai, MH, Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met, dan Gubernur Provinsi Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan sore hari ini Selasa tanggal 25 Juli 2017 pukul 15.00 WIB di Ruang Utama Gedung D lantai 3 Kemenristekdikti di Senayan Jakarta.

Penandatanganan kerja sama penyelenggaraan kegiatan pembinaan dan pengampuan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unipa ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan kedokteran di Unipa. Saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Papua telah menghasilkan 3 angkatan mahasiswa yang berada dalam pengampuan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain itu, penandatanganan perjanjian kerjasama ini sepakat untuk mengembangkan pendidikan kedokteran di Unipa dalam bidang unggulan seperti bidang ilmu penyakit tropik dan infeksi, travel medicine, dan kedokteran kelautan.

Prof. Anis menyatakan “Diharapkan melalui terselenggaranya kerjasama antar Pemerintah Provinsi Papua Barat, UI dan Unipa ini maka dapat mewujudkan pendidikan kedokteran yang bermutu yang pada akhirnya mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Papua Barat. Sebelumnya, FKUI telah menjalankan amanat pengampuan di sejumlah Fakultas Kedokteran di Indonesia diantaranya Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Bengkulu, Universitas Palangkaraya dan lainnya. Keberhasilan pengampuan ini akan mampu menciptakan pemerataan pendidikan kedokteran yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Nasional Pendidikan Kedokteran.”

Pemerintah melalui Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan memfasilitasi kerjasama yang dibangun dari level Pemda ke level Provinsi untuk membangun Fakultas Kedokteran di Unipa. Fakultas Kedokteran UI dipercaya menjadi pengampu Unipa karena merupakan salah satu Fakultas Kedokteran terbaik yang dimiliki Indonesia. Sehingga, harapan masyarakat Papua Barat untuk memiliki Fakultas Kedokteran yang mandiri pun bisa dicapai.

“Fakultas Kedokteran di Unipa sudah berjalan meskipun pernah menghadapi kendala, Menko sudah mendukung, demikian juga Kemenkes, Semoga menjadi solusi bagi masalah kesehatan di Pemprov Papua Barat.” Kata Dominggus. (HLMY)