Home » Berita

 Perlunya Diseminasi SPMI Untuk PTS di Jawa Barat

31/05/2017

Bandung – Belmawa. Direktorat Penjaminan Mutu selenggarakan diseminasi SPMI bagi perguruan tinggri swasta di wilayah Jawa Barat. Dalam diseminasi tersebut, hadir 23 PTS dari berbagai wilayah di Jawa Barat termasuk Universitas Islam Nusantara sebagai tempat penyelenggaraannya. Diseminasi dengan tema “melalui SPMI, kita tingkatkan budaya mutu yang berkelanjutan” ini mengundang I Nyoman Merthayasa , fasilitator dari ITB dan Hisar Sirait fasilitator dari IBI Kwik Kian Gie Jakarta. 

Diseminasi ini dihadiri  Direktur Penjaminan Mutu, Aris Junaidi, Kasubdit Pengembangan Mutu, Syahrul Aminullah, rektor, Uman Suherman dan civitas akademika UNINUS dan berlangsung di gedung Universitas Islam Nusantara Bandung pada 19 Mei 2017. Kegiatan ini menjadi ajang informasi dan kerjasama antar perguruan tinggi swasta dalam meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Hal ini sesuai dengan UU Dikti No.12 Tahun 2012 dan Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Sekalipun setiap perguruan tinggi dapat mengembangkan SPMI secara otonom, namun terdapat hal mendasar yang harus ada di dalam SPMI setiap perguruan tinggi.

Sementara itu, Aris Junaidi, Direktur Penjaminan Mutu menyampaikan “Upaya membangun budaya mutu di PT dapat dilakukan melalui kegiatan SPMI, dengan melakukan kegiatan PPEPP (penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengesahan dan peningkatan). SPMI itu merupakan cermin dari SPME. Kita juga berharap kepada peserta yang mengikuti diseminasi SPMI dapat mensosialisasikan di lingkungan PT masing-masing,” ujarnya.

I Nyoman Merthayasa memaparkan topik bahwa kita perlu banyak belajar Kebijakan SPMI PT, Sementara Hisar Sirait menjelaskan pentingnya SN Dikti sebagai rujukan untuk penyusunan 24 standar yang harus dibangun oleh masing-masing PT.

Workshop diikuti 100 peserta dari 23 (dua puluh tiga) Institusi yang tersebar di Jawa Barat, diantaranya UNINUS Bandung , STAI Al-Hidayah Bogor, STAIMA Cirebon, STAI Tasikmalaya, STAI Miftahul Huda Banjar, STKIP NU Indramayu, STAI Al-Ma’arif  (syahrul/editor/HKLI).