MTQ Mahasiswa Nasional XV 2017

Assalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh

Salah satu tujuan Pendidikan Nasional, sebagaimana tercantum dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), adalah untuk mencetak manusia Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, sehat jasmani dan ruhani. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, tidak cukup hanya dititiktekankan pada aspek jasmani-intelektualnya, namun juga harus menggarap sisi mental-spiritualnya, mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi.

Mahasiswa, sebagai generasi penerus masa depan bangsa, merupakan sumber daya manusia yang perlu ditempa secara baik dan serius, tidak hanya sebatas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi semata, akan tetapi juga pengembangan karakter dan kepribadiannya. Terkait dengan itu, perlu dikembangkan kegiatan bina mental-spiritual mahasiswa yang variatif, sebagai upaya meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus pemahaman dan penghayatan mereka terhadap kandungan Kitab Suci Al-Qur’an.

Al-Qur’an, sebagai kalam Ilahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dimaksudkan agar menjadi pegangan hidup (the way of life) bagi umat manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Ironisnya, di era globalisasi ini, Al-Qur’an yang sarat dengan falsafah nilai dan ilmu pengetahuan, mulai ditinggalkan oleh umat Islam, khususnya generasi muda. Mereka lebih memilih untuk menonton televisi dan bermain gadget yang sarat dengan budaya hedonisme daripada membaca dan mendalami Al-Qur’an. Oleh karena itu, perlu upaya nyata untuk mengurangi keberlangsungan fenomena di atas dengan mendekatkan generasi muda kepada Al-Qur’an, salah satunya melalui penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional.

Melalui kegiatan semacam ini, tujuan Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Sisdiknas di atas insya Allah dapat diwujudkan, yakni mencetak sarjana yang berkepribadian luhur, kompetitif, dan memiliki kecerdasan holistik. Diharapkan, penyelenggaraan MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) ini dapat diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari seantero Indonesia sehingga dapat memberikan dampak konstruktif yang signifikan dalam pembinaan generasi muda. Diperkirakan peserta yang akan datang untuk bersilaturahmi di ajang ini sebanyak 2.500 mahasiswa, dengan ofisial sebanyak 750 orang.

Akhirnya, selamat ber-musabaqah di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Salam AREMA …

Wassalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh

 

 

Rektor Universitas Brawijaya

Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S.

Rektor Universitas Negeri Malang

Prof. Dr. Ah. Rofi’uddin, M.Pd.

 

Untuk Info lebih lengkapnya silakan kunjungi tautan berikut http://mtqmn15.ub.um.ac.id/