Home » beasiswa

Pelaksanaan Serentak Ujian Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) se-Indonesia

27/04/2017

Gunungsitoli – Belmawa. Program Afirmasi Pendidikan Tinggi diperuntukan bagi siswa-siswi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dari berbagai propinsi yang dikatergorikan sebagai  daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal) di seluruh Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar putra-putri daerah yang berprestasi ditunjukkan dengan nilai indeks prestasi akademiknya tinggi dapat melanjutkan belajarnya di perguruan tinggi dengan biaya dari Pemerintah. Diharapkan putra-putri daerah tersebut kelak berhasil dan kembali ke daerahnya untuk menerapkan ilmu yang dicapainya untuk membangun daerahnya (bangga membangun desa) dan akan berimbas pada pembangunan secara nasional.

Ribuan siswa mengikuti seleksi nasional peserta Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) tahun 2017 pada tanggal 20 April 2017. Kegiatan ini secara serentak dilaksanakan di 6 (enam) lokasi di Propinsi Papua, 10 lokasi di Propinsi Papua Barat, dan 34 lokasi di daerah 3T, dengan jumlah peserta total sebanyak 4.675 peserta.

Pelaksanaan ujian Adik di Gunungsitoli bertempat di SMAN I, Jln. Karya No. 3, Kecamatan Hiliweto-Gido, Kabupaten Gunungsitoli, Propinsi Sumatera Utara. Seluruh peserta yang berjumlah 47 orang dari Kabupaten Gunungsitoli hadir, terdiri dari 26 laki-laki dan 21 perempuan. Pelaksanaan ujian berjalan dengan tertib yang dibagi dalam 3 (tiga) ruangan dengan pengawas 1 (satu) orang untuk masing-masing kelas.Nias3

Ujian seleksi terdiri dari 2 bidang yang dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) pada sesi I dan sesi II Tes Kemampuan Dasar Bidang Studi (TKD) dengan waktu 90 menit untuk masing-masing sesi dengan masa istirahat selama 30 menit.

Ujian Adik dihadiri oleh Bpk. Atobali Laoli, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungsitoli yang dalam sambutannya berharap bila ada peserta yang lulus dan mengundurkan diri dapat diganti oleh peserta yang berasal dari daerah yang sama. Jadi setidaknya ada peserta cadangan. (mg/editor/hkli)