Mahasiswa Indonesia Sabet Juara Robot Pemadam Tingkat Dunia

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Tim Kontes Robot Politeknik Elektronika Surabaya (PENS) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menyabet semua juara dalam dua kategori sekaligus pada ajang Trinity College Robotic Competition 2017 yang diselenggarakan di Amerika Serikat pada tanggal 1-2 April 2017 lalu. 

Prestasi yang membuktikan bahwa mahasiswa Indonesia mampu bersaing di tingkat Internasional ini hendaknya menjadi spirit bagi mahasiswa lainnya untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas menciptakan inovasi sesuai bakat dan minatnya. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terus mendukung aktivitas mahasiswa Indonesia menjadi mahasiswa yang berprestasi serta membanggakan negara.

Kegiatan lomba yang diselenggarakan di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat tersebut diikuti oleh tujuh negara, yaitu Canada, China, Indonesia, Israel, Portugal, Uni Arab Emirates dan United States of America, dan merupakan jenis lomba robot pemadam atau Firefighting Robots. Tim Indonesia diwakili oleh Juara Nasional Kontes Robot Indonesia yang diselenggarakan tahun 2016 lalu, yaitu Politeknik Elekntronika Surabaya (PENS) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil mendapatkan juara dan meraih beberapa gelar dalam ajang tersebut.

Dari empat kategori yang dilombakan yaitu Junior Division, High School Division, Senior Division, dan Walking Division, Indonesia berhasil memborong dua kategori sekaligus, yaitu Senior Unique Division dan Legged/Walking Division. 

Di kategori Senior Unique Division, Indonesia menyabet tiga peringkat sekaligus, yaitu peringkat I oleh Tim PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indonesia), peringkat II oleh Tim Senior EFFIRO (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indonesia), dan peringkat III oleh Tim EFFIRO Jr. (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indonesia). Tim Indonesia juga berhasil memborong tiga peringkat di kategori Legged/Walking Division, yaitu Tim Ina Muh (Unmuh Malang) di peringkat pertama, Tim Unmuh Malang (Unmuh Malang) di peringkat kedua, dan Tim EILeRo (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indonesia) di peringkat ketiga.

Selain itu, beberapa penghargaan diraih juga oleh tim dari Indonesia, yaitu Grand Performance Mastery Prize oleh tim PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indonesia), Lowest Individual Score Level 3 oleh tim PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indonesia), dan Best Poster In Walking Division oleh tim Ina Muh (Unmuh Malang).

Tim Robot Indonesia juga telah mendarat di Terminal Udara Juanda, Surabaya pada Sabtu lalu (8/4). SELAMAT DAN JAYALAH INDONESIA!

Layanan Informasi
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan