Home » Berita

Lesson Study for Learning Community

01/04/2017

Jakarta – Belmawa. Sebagai sebuah negara yang besar, Indonesia membutuhkan SDM yang profesional dan handal dalam mendidik calon-calon penerus bangsa. Untuk menjadi yang lebih baik, Indonesia tidak hanya berbicara tentang kekayaan alam dan manusianya saja, tetapi melalui dunia pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti mengambil langkah untuk mengelola tenaga pendidik agar menjadi lebih handal, aktif, dan kreatif.

Berangkat dari hal itulah pada tanggal 30 Maret-1 April 2017, Direktorat Pembelajaran Ditjen Belmawa melaksanakan kegiatan Sosialisasi Lesson Study for Learning Community untuk dosen beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang berasal dari wilayah Indonesia bagian barat dan timur. Hadir mewakili Direktur Pembelajaran, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pendidikan Vokasi dan Profesi, Sirin Wahyu Nugroho menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunitas pembelajaran antar dosen sehingga terjadi kolaborasi dalam mengembangkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya tercipta kondisi dosen dan mahasiswa yang saling berkolaborasi dalam kegiatan transfer ilmu di perguruan tinggi. Maka para tenaga pendidik di perguruan tinggi memerlukan upaya yang lebih daripada menyampaikan ceramah di depan kelas tetapi bagaimana menjadi kreatif dan aktif agar dapat menciptakan mahasiswa yang professional, aktif, dan kreatif pula. Oleh karena itu sosialisasi kegiatan Lesson Study for Learning Community diharapkan mampu menjadi jembatan ke arah tersebut melalui pertukaran informasi dalam metode pembelajaran, penyusunan usulan program dan pelaporan Lesson Study.

Kegiatan yang berlangsung di hotel Holiday Inn Express ini diikuti oleh para peserta yang dibagi ke dalam 2 kelompok kelas dan dibimbing langsung oleh para narasumber yang berkompeten dalam pengkajian pembelajaran yaitu Asep Supriatna, Sumar Hendayana, dan Iwa Kuntadi dari Universitas Pendidikan Indonesia, serta Ibrohim dan Herawati Susilo dari Universitas Negeri Malang. Sumar Hendayana adalah tenaga pendidik yang pernah mendapatkan penghargaan JICA Recognition Award pada tahun 2015 karena kontribusinya dalam pengembangan Lesson Study (pengkajian pembelajaran).

Menghadapi tantangan dalam menciptakan SDM yang berkualitas tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Para tenaga pendidik di perguruan tinggi memerlukan upaya yang lebih daripada menyampaikan ceramah di depan kelas. Tantangan pada saat ini yaitu mendorong kreatifitas dan keaktifan tenaga pendidik agar menciptakan mahasiswa yang profesional, aktif, dan kreatif  sehingga, sosialisasi kegiatan Lesson Study for Learning Community diharapkan mampu menjadi jembatan ke arah tersebut.(HLMY/Editor/HKLI)