Home » Berita

Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa : Kita Akan Siapkan SDM Unggul Daerah 3T

29/03/2017

Jakarta – Belmawa.  Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Belmawa  menyelenggarakan Rapat Koordinasi Afirmasi Pendidikan Daerah 3T yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Lantai 3 Gedung Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kamis (23/3/2017).

Dalam sambutannya, Didin Wahidin, Direktur Kemahasiswaan  menyampaikan “Program ini, merupakan program mulia, dimana kita berperan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dari daerah 3T, anak-anak yang merupakan bagian tumpah darah Indonesia”. kita juga akan menyiapkan SDM yang unggul dari daerah 3T tutur , ” tutur pria yang murah senyum ini kepada para peserta yang hadir.

Rapat Koordinasi ini, mengundang seluruh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi/Kab/Kota, yang termasuk di daerah tertinggal, berdasarkan Perpres Nomor 131 Tahun 2015 tentang penetapan 122 daerah tertinggal tahun 2015-2019.

Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan, Ismet Yusputra dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun ini Kemenristekdikti mengalokasikan 750 Calon Penerima Afirmasi Pendidikan Tinggi Daerah 3 T, masing-masing daerah yang memperoleh calon penerima sebanyak 15 calon mahasiswa. “Tahun ini kita mengalokasikan Afirmasi Pendidikan Tinggi Khusus Papua dan Papua Barat sebanyak 600, dan Daerah 3 T sebanyak 750” Sambung-Nya.

Sementara itu Dr. Andi Ilham selaku Tim Ahli Program Afirmasi Pendidikan Tinggi, menyampaikan kepada para peserta Rakor agar di dalam memilih calon penerima kiranya benar-benar terseleksi. ”Para peserta nantinya, jika lulus dan terpilih sebagai penerima, hendaknya tidak memilih daerah sendiri sebagai PT tujuan, tetapi memilih di luar pulau tempat mereka berdomisili.  Sebagai contoh,  calon nya berasal dari medan, dan menjatuhkan pilihannya ke kota padang”..tuturnya.  Jadi masih menurut “pak ilham” yang biasa disapa , calon nanti akan disebar di seluruh Indonesia, orang medan berkuliah di ambon, orang ambon berkuliah di bandung. Masih menurut pak ilham, tahun ini,  22 Politeknik dan 48 PTN siap menerima dan menampung para mahasiswa penerima Afirmasi Pendidikan Tinggi atau ADik.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2017 ini mengalokasikan sebanyak 750 calon mahasiswa penerima bantuan Afirmasi Pendidikan Tinggi atau dikenal dengan ADik Daerah 3T yaitu Terdepan, Terluar, dan Terbelakang, yang mana ujian penerimaan akan dimulai pada tanggal 20 April 2017 serentak di wilayah 3T . (gpk/editor/HKLI))