Home » Berita

Intan Ahmad: Bonus Demografi Adalah Peluang

20/03/2017

Palangkaraya – Belmawa. Saat ini, negara Indonesia sudah mulai mengalami surplus penduduk usia produktif. Di satu sisi, hal tersebut merupakan berkah. Melimpahnya jumlah penduduk usia kerja akan menguntungkan dari sisi pembangunan sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi. Hasilnya adalah meningkatkannya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Namun kondisi tersebut harus disambut dengan kesiapan penduduk Indonesia dalam menghadapi tantangan-tantangan yang turut hadir. Disitulah Pendidikan Tinggi berperan dalam menghasilnya bibit-bibit unggul yang nantinya akan berkontribusi dalam memajukan pembangunan bangsa. Salah satunya adalah melalui program Bidikmisi.

20170318 Rakerwil Kopertis XI & Bidikmisi UM Palangkaraya_030Hal tersebut yang ditekankan oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Intan Ahmad saat menyampaikan kuliah umum di hadapan 240 mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UM-Palangkaraya) Sabtu lalu (18/3). Intan menekankan bahwa Indonesia perlu menjalani pembangunan dengan orang-orang yang mampu bersaing, yaitu yang dihasilkan melalui Pendidikan Tinggi.

Bonus demografi harus diiringi dengan kerja keras generasi muda untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi dan bekerjasama dengan negara-negara ASEAN. Kuncinya adalah bagaimana peran kita (Pendidikan Tinggi) dalam meningkatkan daya saing,” tegas Intan.

Usai mendengarkan sejumlah prestasi yang diraih mahasiswa bidikmisi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang dipaparkan oleh Rektor UM-Palangkaraya Bulkani, Intan kembali menjelaskan bahwa Bidikmisi merupakan harapan Indonesia dalam mencetak lulusan yang berdaya saing. Melalui program Bidikmisi yang diberikan untuk 80.000 mahasiswa tiap tahunnya, diharapkan lulusan yang dihasilkan dapat memperbaiki ekonomi dan kesejahteraan keluarga, dan nantinya akan membantu menciptakan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Dalam kesempatan tersebut, Intan Ahmad juga menghimbau seluruh mahasiswa agar tidak hanya mengembangkan diri dari segi akademik saja, namun juga keterampilan-keterampilan lain yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

20170318 Rakerwil Kopertis XI & Bidikmisi UM Palangkaraya_039It’s a jungle out there, untuk itu mahasiswa perlu terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler, antara lain untuk melatih kepemimpinan, kerja sama, dan komunikasi. Mahasiswa harus terbiasa multi-tasking, agar dapat sukses menghadapi tantangan globalisasi. Melalui kerja keras, saya optimis kalian dapat menjadi generasi yang membanggakan dan berkontribusi terhadap masyarakat  serta pembangunan nasional,” lanjut Intan. (DRT/Editor/HKLI)

 

Gallery