Menjajaki Kerja Sama Akademi Komunitas dengan Michigan Community College

kerjasama belmawa dengan michiganJakarta – Belmawa.   Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad, menerima 14 orang delegasi akademi komunitas (Community College) di bawah Michigan State University. Delegasi dipimpin oleh Carol Stax Brown, sebagai Direktur Global Intiative.

Kedatangan delegasi, seperti diungkapkan oleh Carol, secara umum bertujuan untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dan program bersama terkait dengan internasionalisasi mata kuliah bisnis dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Lebih khusus lagi dalam konteks akademi komunitas.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Jakarta pada Rabu, 8 Pebruari 2017 tersebut,  juga dihadiri oleh perwakilan fakultas ekonomi-bisnis dari Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gajah Mada, Universitas Prasetya Mulya, dan Universitas Bina Nusantara. Masing-masing menawarkan kemungkinan kerjasama dalam beberapa hal, diantaranya alih kredit (credit transfer), pertukaran mahasiswa (student exchange), joint curriculum, pertukaran staf (faculty exchange), pertukaran professor (professor mobility), study abroad, dan lain-lain.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad mengusulkan kemungkinan kerjasama dalam hal kewirausahaan dan pola pikir kewirausahaan serta kepemimpinan, termasuk juga didalamnya general education. Hal ini disampaikan mengingat pola pikir kewirausahaan (entrepreunership mindset) dan leadership sangat penting, untuk menghasilkan sumberdaya yang mampu bersaing dalam era masyarakat ekonomi asia, bahkan masyarakat abad 21 yang dibingkai terintegrasi dengan penerapan general education.

Dayung bersambut, ide-ide positif tersebut merupakan kepentingan bersama bagi kedua belah pihak. Pertemuan menghasilkan rencana tindak lanjut berupa MoU secara lebih detil baik antar pemerintah maupun antar universitas (U to U). Sebagai bentuk konkrit tindak lanjut hasil pertemuan tersebut, dihasilkan draft MoU yang akan segera dipelajari dan dielaborasi secara lebih rinci oleh masing-masing pihak. Dalam hal ini adalah pihak Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, enam universitas seperti tersebut di atas dan pihak Michigan Community College itu sendiri. Dalam tempo dua bulan diharapkan MoU sudah mengkerucut, fokus dan menjadi kesepakatan bersama untuk ditandatangani. (UACH/Editor HKLI)