Home » Berita

Sosialisasi dan Workshop Sistem Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Kopertis Wilayah X di Batam

23/01/2017

Batam – Belmawa. Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bertempat di Hotel Allium Kota Batam melakukan kegiatan “Sosialisasi dan Workshop Sistem Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Program Tenaga Kesehatan (Diploma Bidan, Perawat dan Profesi Ners)” di Wilayah Kopertis X (Sumbar, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau).

Dalam sambutannya, Kasubdit Kompetensi Rahayu Retno Sumarni menyampaikan “setiap tahun Uji Kompetensi mengalami peningkatan jumlah peserta, dengan rata-rata lulusan untuk Kopertis X yakni Bidan 52%, Perawat 31% dan Profesi Ners 39%”. Masih menurut Retno tujuan kegiatan ini dilaksanakan para operator di masing-masing Perguruan Tingg (PT) agar  dapat lebih memahami cara pengisian, pendaftaran dan perbaharuan data bagi para peserta uji kompetensi.

Sementara itu, Direktur Penjaminan Mutu, Ditjen Belmawa, Kemristekdikti, Aris Junaidi yang membuka acara tersebut berpesan, “dengan adanya peningkatan peserta Uji Kompetensi, maka pada tahun ini Uji Kompetensi akan kita adakan sebanyak 3 (tiga) kali, untuk itu para peserta sosialiasasi dan workshop ini diharapkan betul-betul mengikutinya secara serius dan benar, agar para peserta dapat memberikan layanan yang terbaik bagi peserta uji Kompetensi, dan akan mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi, agar lulusan yang kita hasilkan benar-benar berkualitas”.

Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerja Sama Kopertis X, Skunda Diliarosta mengharapkan agar peserta benar-benar maksimal mengikuti kegiatan ini, dengan harapan nantinya akan meningkatkan kualitas lulusan di Wilayah Kopertis X, “seperti yang tadi disampaikan oleh Ibu Retno, bahwa rata-rata lulusan Uji Kompetensi Nakes untuk Kopertis Wilayah X sudah cukup baik, tapi bagi kita itu merupakan suatu tantangan agar ke depan kita dapat meningkatkan jumlah lulusan yang berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya”.

Acara “Sosialisasi dan Workshop Sistem Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Program Tenaga Kesehatan” dilaksanakan pada Sabtu,  21 Januari 2017 ini disambut baik dan diikuti oleh ratusan peserta yang rata-rata Ketua Program Studi di Wilayah Kopertis X. (GPK/Editor/HKLI)

Gallery