Home » Berita

Direktorat Penjaminan Mutu Selenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen SPMI  di Kopertis Wilayah II

09/12/2016

Palembang – Belmawa. Direktorat Penjaminan Mutu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan bekerjasama dengan Kopertis Wilayah II menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen SPMI di Palembang pada 29 Novemver – 1 Desember 2016. Hadir dalam workshop ini Sekretaris Pelaksansan Koordinator Kopertis II  Deddy Kusmayadi dan Kepala Subdit Penguatan Mutu, Antari W. Mawarti.  Fasilitator Pusat yang hadir kegiatan ini adalah Dr.Setyo Pertiwi, Dr. Gentur Sutapa, dan Prof.Tirza Hanum sementara fasilitator wilayah yang membantu kegiatan ini adalah Eddy Guritno, Deasiana, dan Helmi.

Workshop diikuti  100 an dosen dari PTS di Wilayah Kopertis II Sumatera Selatan. Peserta workshop antara lain AKBID Abdurrahman, AKBID Bangka Belitung, AKBID Budi Mulia Prabumulih, AKBID Nadira, AKBID Patriot Bangsa, AKBID Tunas Harapan Bangsa, AKPER Panca Bhakti Bandar Lampung

AKTEK Patriot Bangsa Bandar Lampung, AMIK Lembah Dempo, AMIK MDP, AMIK Mitra Lampung, Apikes Widya Dharma, Akper Malahayati, Akper Malahayati, Universitas PGRI Palembang, Politeknik Raflesia STIE Serasan Muara Enim, STIE Serelo Lahat, STIFI Bakti Pertiwi, Stikes Dehasen, Stikes Mitra Lampung, Stikes Muhammadiyah Pringsewu, Stikes Citra Delima, STIM Mutiara Jaya, STMIK Dharma Wacana, Metro Stiper Sriwigama, Stisipol Pahlawan 12, STKIP Darma Wacana Metro, STKIP Muhammadiyah Kotabumi, Ziko Fakhrur Rozi; STKIP PGRI Linggau, STKIP PGRI Linggau, STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU, STIKES Abdi Nusa Pangkalpinang, UNIKA, Univ Bangka Belitung, Unived, Akubank MDP Palembang, STBA Methodist Palembang, STMIK DCC, ABA DCC, Universitas Bina Darma, STIKES Tri Mandiri Sakti, AKFAR  Alfathah Bengkulu, Universitas Bangka Belitung, STIE Gentiaras Bandar Lampung, Universitas Baturaja, ASM Sriwijaya Palembang, dan STKIP Muhammadiyah Pringsewu.

Kasubdit Penguatan Mutu dalam sambutan dan laporannya menyampaikan ada sekitar 100 peserta dari berbagai PTS. “Bapak Ibu sekalian akan dibimbing oleh para fasilitator pusat yang sudah tinggi jam terbangnya dan dibantu fasilitator wilayah. Kegiatan akan padat, ada praktek dan paparan dokumen SPMI, Bapak Ibu bisa mengatur waktu agar ikut mengikuti kegiatan dengan baik,” harap Antari.

Acara sambutan sekaligus pembukaan oleh Sekretaris Pelaksana Koordinator Kopertis 1, Dedy Kusmayanto, “Biasanya kegiatan hanya berkisar pada materi-materi, namun kali ini Bapak Ibu sekalian diberikan bukan hanya kulitnya saja tapi “daging-daging”-nya. Bapak Ibu sekalian agar bisa mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, “ papar Dedy.

Workshop hari pertama diisi dengan paparan Kebijakan Nasional SPM Dikti oleh Dr. Setyo Pertiwi dilanjutkan dengan paparan Kebijakan Nasional SPMI oleh Prof. Tirza Hanum, papatan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi oleh Dr. Gentur Sutapa.

Sesi selanjutnya peserta dibagi dalam 3 kelompok yaitu Kelompok Pendidikan , Kelompok Penelitian, dan Kelompok  Pengabdian Kepada Masyarakat.  Kelompok Pendidikan dengan fasilitator pusat Dr. Setyo Pertiwi dan fasilitator wilayah Helmi, Kelompok Penelitian dengan fasilitator pusat Dr. Gentur Sutapa dan fasilitator wilayah Eddy Guritno, dan Kelompok Pengabdian dengan fasilitator pusat Prof. Tirza Hanum dan fasilitator wilayah Deasiana.

Kelompok Pendidikan mengerjakan Dokumen Standar dan Manual  Pembelajaran mulai dari Manual Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEP). Kelompok Penelitian mengerjakan Dokumen Standar dan Manual Penelitian mulai dari Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan . Demikian dengan Kelompok Pengabdian mengerjakan Dokumen 2 Standar dan Manual Pengadian kepada Masyarakat mulai dari Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan .

Setiap penyusunan dokumen standar dan  manual dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing kelompok selama sepuluh menit dan diikuti dengan masukan dan tanya jawab dari fasilitator dan peserta workshop. File perbaikan dokumen setelah diskusi diserahkan kepada panitia untuk selanjutnya didistribusikan kepada seluruh peserta.

Acara diakhiri dengan penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan peserta. Dua orang perwakilan peserta menyampaikan rasa terima kasih sudah diberikan kesempatan dan bisa pulang ke institusi masing-masing dengan membawa dokumen SPMI sudah lengkap berkat kerja sama dan berbagi dengan kelompok. Peserta juga mendukung agar kegiatan workshop akan terus berlanjut ke pelatihan berikutnya terutama pelatihan audit mutu internal. Peserta juga sangat berkesan karena pembuatan dokumen manual dan standar dengan mudah disusun berkat bimbingan para fasilitator padahal seharusnya memakan waktu berbulan-bulan. Acara diakhiri dengan pembagian sertifikat kepesertaan secara simbolis dan diikuti dengan penutupan secara resmi oleh Kasi Peningkatan Mutu, Octa Nugroho. (haz/editor/HKLI))