Home » Berita

Dirjen Belmawa Buka Rapat Kerja Nasional Tahun 2016

04/12/2016

Jogjakarta – Belmawa. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional yang di Jogjakarta pada 3-5 Desember 2016. Rakornas  ini menitik-beratkan pada program kerja yang dilaksanakan selama tahun 2016. Tujuannya untuk mengukur capaian kinerja dan mengevaluasi program dan kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan yang dilakukan Perguruan Tinggi Negeri dan KOPERTIS tahun 2016, sekaligus menyiapkan rencana program dan kegiatan Belmawa tahun 2017.

Rapat Kerja Nasional ini didasari oleh Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2015 yang mengatur upaya mencapai target sasaran strategis sejumlah 8 (delapan) indikator, yaitu angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi, jumlah mahasiswa yang berwirausaha, persentase lulusan bersertifikat kompetensi, jumlah prodi berakreditasi unggul, jumlah mahasiswa peraih emas tingkat nasional dan internasional, persentasi lulusan yang langsung bekerja, dan Jumlah LPTK yang meningkat mutu penyelenggaraan pendidikan akademik, serta jumlah calon pendidik mengikuti pendidikan profesi guru.

Direktur Jenderal Belmawa, Prof. Intan Ahmad PhD, dalam pembukaan rakernas, menyampaikan sekilas tentang Kebijakan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, “Kita selenggarakan secara rutin, kita akan review dan lihat keberhasilannya.  Kita akan mengundang narsum, yang akan berbicara tentang  radikalisme, terorisme, mendengar pakar pendidikan tinggi di Indonesia dan dalam konteks nasional,” ungkapnya penuh semangat. rakernas 2016 jogja1

Selain itu, Intan menambahkan ,”Kita akan mendengar dari  para pakar, hal ini penting karena sebagai pengelola disibukan dengan kegiatan (business as usual) dan proses pembelajaran yang baik bagaimana, mutu, hingga kegiatan kemahasiswaaan yang semakin penting (well rounded graduate). Yang mana  yang sudah berhasil dan yang mana yang belum, karena ini adalah fakta yang ada di dalam kita. Kita cari kekurangananya agar ke depan bisa lebih baik. Yang kita lakukan, penting untuk Indonesia lebih baik, bagaimana menghasilkan lulusan yang lebih baik dan bukan saja lulusan data statitstik.

Bentuk kegiatan Rakernas tahun 2016 ini adalah berupa pemaparan tentang Pengembangan Program Kegiatan Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Di samping itu, akan ada Pengarahan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ceramah, dan Paparan Hasil Monitoring dan Evaluasi Program Pembelajaran dan Kemahasiswaan Tahun 2016dan juga  Focus Group Discussion (FGD) I yang membahas Hakekat Pembelajaran di Perguruan Tinggi, dan Focus Group Discussion (FGD) II yang membahas Pembinaan Mahasiswa di Perguruan Tinggi, serta Focus Group Discussion (FGD) III yang membahas Budaya Mutu di Perguruan Tinggi.

Berjalannya kegiatan dengan lancar dikarenakan dukungan dari seluruh pihak kegiatan Rapat Kerja Nasional tahun 2016 yang bersedia hadir dan berpartisipasi di dalamnya. Dengan pelaksanaan Kegiatan Rakernas diharapkan akan adanya peningkatan dari hari ke hari untuk dunia Pendidikan yang lebih baik. ( Ratia-AS/editor/HKLI)

Semoga acara dapat berlangsung dg baik.