Home » Berita

Sosialisasi dan Workshop untuk Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi Batch Surabaya

15/11/2016

Surabaya – Belmawa.  Direktorat Penjaminan Mutu bekerja sama dengan  Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop SPMI untuk Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi pada 10-11 November 2016 di Surabaya. Saat ini Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi berjumlah 243 prodi, 39 prodi (16%) diantaranya terakreditasi A, terakreditasi B sebanyak 107 (44%), sedangkan terakreditasi C sebanyak 97 (40%).

Peserta Sosialiasi dan Workshop  SPMI untuk Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi sebanyak 41 orang berasal dari 23 PTS di  Indonesia Timur dan sebagaian dari Jawa Timur antara lain: Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Universitas PGRI Ronggolawe, Universitas Dhyana Pura,  Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Universitas Pattimura, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jember,  Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Jember, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bone, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembangunan Indonesia, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin, Universitas Tanjungpura, Institut Ilmu Kesehatan,  UIN Sunan Ampel Surabaya, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Puangrimaggalatung Sengkang, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yapti Jeneponto, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Manokwari, Universitas Borneo, Tarakan, dan Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Acara dibuka oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti dan didampingi oleh Ketua KOBI yang baru Dr. Budi Setiadi. “Direktorat Jenderal Belmawa terus mendorong prodi-prodi terakreditasi C untuk menjadi B dan yang terakreditasi B menjadi A. Kali ini prodi yang ikut dalam sosialiasi dan workshop adalah yang terakreditasi C dan nilainya mendekati B agar mudah didorong menjadi B,” terang Kasubdit Penguatan Mutu.

Dr. Budi dalam paparannya selain menjelaskan sejarah berdirinya KOBI juga menyatakan agar prodi-prodi bersiap untuk terus didorong peningkatan mutunya. “Program kegiatan KOBI 2016-2018 yang pertama kita lakukan  adalah penguatan SPMI Prodi Biologi dan Pendidikan Tinggi,” papar Dekan Prodi Biologi UGM tersebut. Dalam sesi ini berkembang menjadi ajang tanya jawab masalah kenggotaan KOBI dan kondisi prodi masing-masing perguruan tinggi.

Sosialisasi dan Workshop SPMI berlangsung selama 2(dua) hari. Acara hari pertama berbentuk pleno dengan materi  paparan dari para  fasilitator  Tim Pengembang SPMI dan fasilitator wilayah Dr. Jenny Moechtar dari Universitas Petra Surabaya. Fasilitator pusat Prof. Sadra Dharmawan membawakan materi Kebijakan Nasional SPM Dikti, paparan dari Prof. Lilik Soetiarso tentang Kebijakan Nasional SPMI, paparan Kebijakan SPME oleh Prof. Hartanto Nugroho, dan paparan Kebijakan Evaluasi Mutu Internal oleh Dr. Jenny Moechtar. Untuk paparan tentang Pangakalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) urung dilaksanakan pada sore hari pertama dikarenakan penyaji harus segera kembali ke Jakarta untuk rapat koordinasi internal dengan Bapak Sekjen Kemristekdikti dan baru bisa dilaksanakan pada hari kedua.

Pada sore hari pertama, peserta sudah dibagi menjadi 2 (dua) kelas untuk melaksanakan diskusi dan pendalaman materi yang sedianya dilaksanakan pada hari kedua. Masing-masing kelas dibimbing oleh 2 (dua) orang fasilitator untuk diskusi dan tanya jawab serta pendalaman materi. Pelaksanaan diskusi di sore hari pertama dilanjutkan pada hari kedua de ngan tugas setiap perguruan tinggi diharuskan mengisi form pendalaman materi untuk paparan Rencana Tindak Lanjut (RTL) pelaksanaan SPMI di perguruan tinggi masing-masing.

Di hari kedua setiap perguruan tinggi diberikan kesempatan paparan RTL pelaksanaan SPMI selama 10 menit termasuk tanya jawab dan tanggapan dari para fasilitator. Pada satu jam sebelum acara selesai, paparan dari Sdr. Franova (perwakilan Pusdatin Kemristekdikti) tentang Kebijakan Nasional PD Dikti dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepesertaan secara simbolis kepada perwakilan peserta oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti dan dan didampingi oleh fasilitator pusat, Prof. Sadra Dharmawan.. (hz/editor/HKLI)