Home » Berita

Sosialisasi dan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi

07/11/2016

Medan – Belmawa. Direktorat Penjaminan Mutu bekerja sama dengan  Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop SPMI untuk Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi pada 3-4 November 2016 di Medan. Saat ini Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi berjumlah 243 prodi, 39 prodi  (16%) diantaranya terakreditasi A, , terakreditasi B sebanyak 107 (44%), sedangkan terakreditasi C sebanyak 97 (40%).

Peserta Sosialiasi dan Workshop  SPMI untuk Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi sebanyak 55 orang berasal dari perguruan tinggi di sekitar  Sumatera dan sebagaian dari Jawa Barat antara lain : Universitas Dian Nusantara Medan (Untara), UIN Sunan Gunung Jati Bandung, IKIP Gunung Sitoli, STKIP Labuhan Batu, STKIP Tapanuli Selatan, Universitas Bung Hatta Padang (UBH), Universitas Advent Indonesia Bandung, Universitas Samudra Langsa (Unsam), Universitas Muhammadiyah Aceh, IAIN Raden Fatah Palembang (UIN RF Palembang), STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Abulyatama Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah Metro Lampung, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Al Washliyah Labuhan Batu (Medan), Universitas Riau Kepulauan Batam, Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh, Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, dan STKIP PGRI Sumatera Barat.

Acara dibuka oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti dan didampingi oleh Ketua KOBI, Prof. Suwarno. Dalam sambutannya, Antari menyampaikan “target 12.000 prodi unggul pada Renstra Kemenristekdikti tahun 2016 sampai saat ini masih belum tercapai. Prodi-prodi yang masih terakreditasi C seperti peserta kegiatan ini adalah  sasaran kegiatan agar prodi-prodi segera dapat berbenah diri memperbaiki kekurangan masing-masing,” Ujar Antari dengan penuh semangat.

Prof. Suwarno dalam paparannya selain menjelaskan sejarah berdirinya KOBI juga mengharapkan agar Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi bisa saling bekerjasama dalam upaya bersama meningkatkan mutu lulusan. KOBI diharapkan menjadi wadah pengembangan kurikulum dan capaian pembelajaran bagi Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi. Dalam sesi ini berkembang menjadi ajang tanya jawab masalah kenggotaan KOBI dan kondisi prodi masing-masing perguruan tinggi.

Sosialisasi dan Workshop SPMI berlangsung selama 2(dua) hari. Acara hari pertama berbentuk pleno dengan materi  paparan dari para  fasilitator  Tim Pengembang SPMI dan fasilitator wilayah Dr. Dadan Ramdan. Fasilitator pusat Dr. I Gde Merthayasa membawakan materi Kebijakan Nasional SPM Dikti, paparan dari Prof. Tirza Hanum tentang Kebijakan SPMI, paparan Kebijakan SPME oleh Prof. Hartanto Nugroho, paparan Kebijakan Evaluasi Mutu Internal oleh Prof. Dadan Ramdan, dan diakhiri paparan tentang Kebijakan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) disampaikan oleh Franova dari Pusdatin Kemenristekdikti.  Setiap sesi paparan diakhiri dengan tanya jawab.

Di hari kedua, peserta dibagi dalam 2 (dua) kelas  dan  setiap perguruan tinggi di masing-masing kelas diberikan tugas mengisi form pendalaman materi untuk paparan Rencana Tindak Lanjut (RTL) pelaksanaan SPMI di perguruan tinggi masing-masing dan kemudian setiap perguruan tinggi diberikan kesempatan paparan RTL pelaksanaan SPMI selama 10 menit termasuk tanya jawab dan tanggapan dari para fasilitator. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepesertaan secara simbolis kepada perwakilan kelompok oleh Kasi Revitalisasi Program, Masluhin Hajaz dan didampingi oleh fasilitator wilayah, Prof. Dadan Ramdan.. (hz/editor/HKLI)