Home » Berita

Workshop Pengembangan Kurikulum Prodi Vokasi

03/11/2016

Bandung – Belmawa.  Program Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi (PT) merupakan keniscayaan. Dalam rangka merealisasikan peningkatan mutu PT tersebut, Ditjen Belmawa melalui Direktorat Pembelajaran memfasilitasi workshop peningkatan mutu kurikulum dan pembelajaran. Kegiatan yang bertemakan pengembangan kurikulum pendidikan vokasi ini diikuti oleh sebanyak 110 dosen prodi vokasi dari berbagai perguruan tinggi dari wilayah Kopertis  III, IV, V, VI, dan VII. Tim Pakar Kurikulum Ditjen Belmawa menjadi narasumber dalam workshop ini. Mereka adalah SP Mursid, Syamsul Arifin, Hendrawan, Liliana Sugiharto, Misbah Fikrianto, Yuda Samodra dan Taufiqurrahman. Workshop berlangsung selama 3 hari dari 27 sd 29 Oktober 2016 di kota Bandung.

Tujuan workshop itu sendiri adalah untuk meningkatkan mutu kurikulum prodi di masing-masing perguruan tinggi peserta. Workshop juga diharapkan menungkatkan kemampuan para dosen dalam penyusunan kurikulum. Peserta diharapkan  dapat menularkan kemampuannya kepada rekan sejawat di kampus untuk meningkatkan mutu kurikulum.

Hasil wawancara dengan beberapa peserta secara umum menyatakan bahwa workshop sangat bermanfaat bagi mereka dan sangat mendukung dalam pengembangan kurikulum bagi kampus masing-masing. Mereka merasa memperoleh kesempatan yang langka. Mereka juga mengharapkan bahwa workshop pengembangan kurikulum dapat dilakukan lagi bagi mereka dan rekan sejawat lainnya. workshop kurikulum-hendra1

Dalam workshop peserta bukan hanya memperoleh penjelasan komprehensif tentang penyusunan kurikulum dengan mengacu kepada SN Dikti dan KKNI dari para narasumber, melainkan juga memperoleh bimbingan langsung dalam menyusun kurikulum. Pada akhir kegiatan beberapa perwakilan peserta mempresentasikan hasil penyusunan kurikulumnya. Melalui presentasi, mereka  dapat saling sharing tentang hasil penyusunan kurikulumnya, sehingga memperkaya tentang bagaimana penyusunan kurikulum yang baik. Narasumber memberikan tanggapan dan masukan atas presentasi peserta sehingga memperkaya kurikulum dan memperkuat pemahan peserta tentang penyusunan kurikulum.

Workshop sejenis masih akan dilakukan lagi dalam tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Hal ini karena dirasakan manfaatnya oleh para pihak khususnya perguruan tinggi. Direktorat Pembelajaran juga akan terus meningkatkan mutu workshop kurikulum agar lebih meningkat lagi manfaatnya bagi peserta dan perguruan tinggi. Disamping itu, kerjasama dengan berbagai pihak terus ditingkatkan dalam upaya pengembangan kurikulum pendidikan tinggi. Upaya peningkatan mutu kurikulum dan pembelajaran menjadi hal sangat esensial guna menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang bermutu pula. SEMOGA   (HS/Editor/HKLI)