Home » Berita

PEKSIMINAS, Wujud Apresiasi Mahasiswa Terhadap Seni

13/10/2016

Kendari – Belmawa (13/10/2016). Pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIII tahun 2016 di Universitas Haluoleo (UHO) diawali dengan pembukaan kegiatan Expo Program Studi di lingkungan kampus UHO, dengan tema “Inovasi Untuk Menciptakan Generasi Emas Indonesia” yang dibuka oleh Prof. Didin Wahidin, Direktur Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), mewakili Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen. Belmawa). Kegiatan Expo Program Studi ini adalah kegiatan lain program keseluruhan Peksiminas XIII tahun 2016, yang diikuti sekitar 90 stand peserta dari  berbagai program studi yang ada.

Peksiminas XIII itu sendiri diawali dengan acara saresehan antar Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) yang diikuti oleh 31 dari 34 Ketua BPSMI seluruh Indonesia. Salah satu agenda sarasehan ini adalah mendiskusikan penyelenggara Peksiminas XIV tahun 2018. Dari diskusi, yang muncul kepermukaan adalah adanya 2 (dua) calon perguruan tinggi yang siap menjadi tuan rumah Peksiminas XIV 2018, yaitu Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Peksiminas merupakan kompetisi di bidang seni bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti dengan menunjuk salah satu pengurus BPSMI sebagai panitia penyelenggara kegiatan. Peksiminas bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktik mahasiwa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, seni rupa, dan lain-lain. Peksiminas diselenggarakan kali pertama pada tahun 1991 di Surakarta, Jawa Tengah.Peksiminas

Pelaksanaan Peksiminas XIII tahun 2016 ini, dibuka oleh Didin Wahidin, dimana hadir segenap civitas akademika UHO, peserta mahasiswa perwakilan 31dari 34 BPSMI seluruh Indonesia dan masyarakat sekitarnya.

Bentuk kegiatan Peksiminas (11-14/10/2016) diisi dengan dengan lomba-lomba tangkai seni sebanyak 15 tangkai yang dilombakan terdiri dari Group Tari, Baca Puisi, Monolog, Vocal Group, Nyanyi Tunggal Pop Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Dangdut Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Keroncong Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Seriosa Putra/Putri, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Melukis, Desain Poster, Komik Strip, Fotografi, dan Group Band. Hari keempat (Sabtu, 15/10/2016) akan diisi dengan seminar budaya dan pameran karya lomba. (yh/Editor/HKLI)