Home » beasiswa

Ciptakan Calon Pemimpin Bangsa Melalui Bidikmisi dan ADik Papua & 3T

04/10/2016

Semarang – Belmawa. Salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Undang Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, yang dalam praktiknya menghadapi banyak tantangan, baik dari luar maupun dari dalam. Sebagai tantangan eksternal, bangsa Indonesia kini hidup dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang menuntut untuk lebih inovatif dan berdaya saing. Akan tetapi, Indonesia dihadapkan dengan tantangan internal berupa angka kemiskinan di Indonesia yang menghambat para generasi penerus untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Untuk itulah Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) ingin menjalankan kewajiban untuk terus meningkatkan pemberian akses pendidikan yang berkualitas bagi seluruh warga negara hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Salah satunya adalah dengan program Beasiswa Bidikmisi dan ADik Papua & 3T, yang ditujukan bagi pemuda-pemudi berprestasi yang mengalami kendala dari segi ekonomi.

Program tersebut didasari oleh cita-cita pemerintah untuk memberikan pendidikan yang adil dan merata, seperti ditegaskan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, pada saat melakukan Temu Silaturahmi dengan para penerima beasiswa Bidikmisi dan beasiswa ADik Papua & 3T di Auditorium Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Senin lalu (3/10).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Didin Wahidin, juga menegaskan bahwa pemberian beasiswa bidikmisi tak hanya membantu mahasiswa berprestasi untuk mengenyam pendidikan tinggi saja, namun juga memberikan dampak positif lainnya yaitu meningkatnya prestasi dan iklim akademik di perguruan tinggi yang bersangkutan. Adanya beasiswa Bidikmisi turun meningkatkan kualitas perguruan tinggi tersebut.

Dalam laporannya, Didin menyampaikan bahwa banyak capaian yang telah diraih oleh mahasiswa peraih Bidikmisi. Selain prestasi akademik, banyak juga prestasi non akademik yang membanggakan, seperti meraih medali di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), menjuarai berbagai kompetisi kepenulisan tingkat nasional dan internasional, mengikuti pertukaran pelajar tingkat internasional, hingga menjadi delegasi Indonesia dalam berbagai kegiatan kelas dunia di dalam dan luar negeri.

“Capaian-capaian tersebut membuktikan bahwa Bidikmisi berhasil menjadi salah satu katalis yang strategis dan membantu mahasiswa untuk semakin mengeksplor diri. Bidikmisi juga telah berkontribusi terhadap peningkatan kohesi sosial dan pemahaman tentang keragaman Bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Dalam acara yang sama, dilakukan pula penyerahan beasiswa secara simbolis oleh Menristekdikti kepada mahasiswa berprestasi dari beberapa perguruan tinggi di Semarang dan sekitarnya. Menristekdikti menyampaikan di hadapan para mahasiswa penerima beasiswa bahwa mereka adalah mutiara bangsa yang nantinya akan melahirkan calon pemimpin bangsa dan memperbaiki masa depan Indonesia menjadi lebih baik.

“Kami (Kemristekdikti) harap ke depannya tidak ada lagi dikotomi pendidikan tinggi hanya untuk orang kaya, namun semua harus dapat mengenyam pendidikan tinggi yang baik, salah satunya melalui program ini (beasiswa Bidikmisi dan beasiswa ADik Papua & Daerah 3T),” tutupnya. (DRT/Editor/HKLI)