Home » Berita

Diseminasi SPMI di Kopertis Wilayah X

02/09/2016

Pekanbaru – Belmawa. “Saya menghaturkan terima kasih kepada Direktorat Penjaminan Mutu Belmawa yang telah memfasilitasi diseminasi SPMI di Universitas Islam Riau (UIR). Tentu kepercayaan kepada UIR ini harus kita jaga dengan usaha peningkatan mutu pendidikan tinggi yang kita kelola.  Untuk UIR, agar siap dalam menerima saran dan masukan yang konstruktif agar visi UIR menjadi universitas islam yang unggul di ASEAN tahun 2020 dapat terwujud. Melalui SPMI ini, diharapkan kita dapat memahami pengelolaan pendidikan tinggi secara komprehensif”. Demikian disampaikan Prof. Dr. H. Detri Karya, SE, MA, Rektor UIR dalam sambutan acara pembukaan Diseminasi SPMI di Kopertis Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kep. Riau). Lebih jauh Detri Karya mengungkapkan bahwa UIR telah terakreditasi B dengan jumlah Prodi sebanyak 37 Prodi, 3 Prodi terakreditasi A dan 29 Prodi terakreditasi B serta 4 Prodi terakreditasi C dan 1 Prodi masih ijin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Sebagai implementasi amanat Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu dalam Tahun Anggaran 2016 memfasilitasi berbagai workshop dan diseminasi mulai dari Kopertis I sampai dengan Kopertis XII. UIR termasuk yang ditunjuk Direktorat Penjaminan Mutu untuk mengadakan diseminasi SPMI pada 29 Agustus 2016. Bertempat di ruang pertemuan Pasca Sarjana UIR acara berlangsung meriah dengan 90 peserta dari 70 PTS di Kopertis Wilayah X.

Dr. Syahrul Aminullah yang didampingi Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X, Drs. Hanafie, MSi. memberikan sambutan dan sekaligus membukaKpertis Riau 1 acara Diseminasi SPMI dengan tema “Melalui SPMI Kita Tingkatkan Budaya Mutu yang Berkelanjutan”. Dalam sambutannya, Doktor lulusan kebijakan publik UI ini mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIR yang telah memberikan fasilitas dalam pelaksanaan Diseminasi SPMI ini. Ia berharap agar Kopertis Wilayah X sebagai Kopertis yang tercepat dalam pencapaian Akreditasi Unggul. Acara Diseminasi SPMI ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa, dilanjutkan laporan penyelenggara Diseminasi SPMI. Syahrul yang mewakili Direktur Penjaminan Mutu menyampaikan kebijakan Direktorat Penjaminan Mutu mengenai pentingnya SPMI bagi perguruan tinggi.

Sementara itu, Fasilitator Pusat Dr. Widiyanto Nugroho dan Prof. Tirza Hanum menyampaikan materi Diseminasi SPMI antara lain tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti), Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), dilanjutkan oleh Ketua BAN-PT Prof. Dr. Mansyur Ramly yang menyampaikan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal, sedangkan Pranofa dari Pusat Data dan Informasi Kemenristekditi menyampaikan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). Selesai paparan dari para Narasumber dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai sistem Penjaminan Mutu Internal dan Pangkalan Data Pendidikan tinggi dan ditutup dengan Doa.

Panitia menargetkan 150 peserta dapat hadir di acara Diseminasi SPMI ini namun terkendala bencana asap akibat kebakaran hutan pada saat pelaksanaan. Dengan jumlah 90 peserta, kegiatan SPMI tetap berlangsung dengan meriah dan sukses. Mereka nantinya akan mengerti SPMI  dan menerapkannya di berbagai Perguruan Tinggi. Semoga. (Susis/Editor/HKLI)