Home » Berita

Indonesia Meraih Prestasi di Ajang IMC ke-23 di Bulgaria

19/08/2016

Bulgaria – Belmawa. Untuk ke-15 kalinya, Indonesia berpartisipasi pada kompetisi matematika tingkat internasional pada International Mathematics Competition (IMC) ke-23 (25–31/8-2016) di di Blagoevgrad, Bulgaria, dengan mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terpilih ke ajang tersebut.

Kompetisi IMC ke-23 ini diikuti oleh 320  peserta dari 130 perguruan tinggi (PT) dan program yang berasal tidak kurang dari 48 negara di antaranya negara-negara besar seperti Jerman, Belanda, Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Tiongkok, Singapura, dan lain-lain. Indonesia berhasil meraih 4 penghargaan Third Prize, dan lima penghargaan Honourable Mention.

Dari seleksi nasional yang diikuti oleh 1.318 orang mahasiswa yang berasal dari 263 PTN dan PT swasta (PTS) terpilih 64 mahasiswa terbaik. Para mahasiswa terpilih tersebut diundang untuk mengikuti seleksi tingkat nasional dalam kegiatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Perguruan Tinggi di Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 – 26 Mei 2016 di Jakarta. Seleksi terakhir untuk memilih mahasiswa yang diberangkatkan ke ajang IMC 23 pada tanggal 10 – 13 Juni 2016. Dari seleksi ini terpilih 9 mahasiswa yang diberangkatkan ke ajang IMC ke-23. Mereka terdiri dari 3 orang berasal dari Universitas Gajahmada (UGM), 1 orang dari Institut Teknologi Bandung (ITB), 2 orang dari Universitas Indonesia (UI), 1 orang dari Universitas Negeri Makassar (UNM),  1 orang dari Universitas Airlangga, dan 1 orang dari Universitas Sanata Dharma. Sebelum keberangkatan ke IMC, ke-9 mahasiswa tersebut menjalani pembinaan singkat pada tanggal 20 – 26 Juni 2016 dan tanggal 21 – 24 Juli 2016.

Sebelumnya, melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi perekrutan mahasiswa peserta dilakukan melalui beberapa tahap, dari seleksi tingkat PT, seleksi tingkat wilayah, dan seleksi tingkat nasional. Pada tingkat PT, masing-masing PT memilih 7 mahasiswa yang terbaik untuk kemudian diseleksi di tingkat wilayah. Penyelenggaraan seleksi tingkat wilayah pada tanggal 5 – 6 April 2016, yang dilaksanakan secara serentak di 14 wilayah, dengan penyelenggara Kopertis masing-masing wilayah. Diharapkan dengan keikutsertaan mahasiswa Indonesia pada kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas lulusan PT yang mampu berdaya saing tinggi dan memberikan kesempatan meraih prestasi pada tingkat internasional, khususnya mahasiswa-mahasiswa yang berbakat di bidang ilmu-ilmu dasar. (JN/Editor/HKLI)