Home » Berita

Pemilihan Mahasiswa Beprestasi: Wawasan MEA dan Inovasi Terapan Menjadi Penilaian Penting

15/08/2016

img_8163.jpg

Yogyakarta – Belmawa. Dimulai sejak pukul 7.00 pagi (15/8), para juri pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Nasional 2016 sudah mulai melakukan penilaian terhadap 31 finalis, yang terdiri dari 16 mahasiswa program sarjana dan 15 mahasiswa program diploma. Penjurian dilakukan dengan melakukan penilaian pada presentasi karya ilmiah, kemampuan berbahasa inggris, dan kemampuan prestasi unggulan (ko-ekstrakurikuler).

Sejumlah 31 karya ilmiah bertema “Iptek dan Inovasi Untuk Daya Saing Bangsa” dipresentasikan di hadapan para juri, berikut dengan prototype maupun produk hasil riset dari program diploma, dan konsep serta rancangan inovasi bagi program sarjana. Untuk program diploma, topik yang dipilih meliputi Kemaritiman, Industri Kreatif, Energi Baru Terbarukan, Pangan dan Kesehatan, Konstruksi, Pelestarian Budaya Indonesia, Manajemen Resiko, Pendidikan Sepanjang Hayat, serta Obat dan Pengobatan Alternatif. Sedangkan untuk program sarjana, topik yang dipilih meliputi Anti Korupsi, Penguatan Inovasi, Kedaulatan Pangan, Bahan Baku Obat, Kedaulatan Energi, Pendidikan Berdaya Saing, Kesehatan Masyarakat, Pemerataan Pembangunan, Tata Kelola Pemerintah dan Reformasi Birokrasi, Partisipasi Publik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Anti Narkoba.

Selain karya ilmiah, kemampuan berbahasa inggris merupakan poin penilaian yang juga menjadi pertimbangan penting bagi para juri, mengingat Indonesia mulai masuk pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN, yang menuntut untuk juga memahami persoalan-persoalan internasional serta turut berperan dalam skala global.

“Tak ketinggalan, penilaian prestasi unggulan menjadi tahapan paling menantang bagi para finalis, karena salah satu aspek yang dinilai adalah mengenai seberapa kenal mereka dengan universitas maupun institut mereka, prestasi-prestasi yang telah berhasil mereka capai serta seluk-beluknya, hingga kegiatan mereka di dalam dan di luar kampus,” ujar Koordinator Juri Mawapres 2016, Suko Hardjono.

Meskipun keseluruhan proses penilaian dilakukan hingga malam, seluruh finalis tetap bersemangat untuk memberikan yang terbaik di hadapan para juri. Setelah proses penjurian selesai, para juri mengadakan rapat pleno untuk menentukan pemenang-pemenang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016 yang akan diumumkan keesokan harinya. (DRT/Editor/HKLI)