Home » Berita

Mahasiswa Berprestasi Kembali Berjuang Untuk Peringkat Pertama

14/08/2016

Yogyakarta – Belmawa. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) menyambut 31 finalis mahasiswa berprestasi tahun 2016. Para finalis tersebut merupakan mahasiswa Program Sarjana dan Program Diploma yang lolos dalam seleksi awal Kopertis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2016. Bertempat di The Sahid Rich Hotel Yogyakarta, Direktorat Kemahasiswaan mengumpulkan seluruh finalis Mawapres 2016 untuk dipersiapkan dalam berkompetisi esok paginya.

Acara dibuka oleh Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Direktorat Kemahasiswaan, Widyo Winarso, dengan mempersilakan para finalis untuk bersaing secara sehat dalam memperebutkan juara pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2016. Widyo menyatakan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya sebatas mengukur prestasi akademik para Mawapres, namun juga jiwa kepemimpinan serta kemampuan mereka dalam berorganisasi. “Semoga melalui kegiatan ini, akan lahir calon-calon leader Indonesia di masa yang akan datang,” papar Widyo.

Mahasiswa Berprestasi atau mawapres merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah bekerjasama dengan perguruan tinggi. Tujuan dari penyelenggaraan mawapres adalah memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa, dan mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

Pemilihan mawapres yang berlangsung sejak tahun 2004 telah memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. Mawapres secara langsung atau tidak langsung  dapat mengangkat martabat mahasiswa dan perguruan tingginya. Untuk dapat menyelenggarakan kegiatan baik proses maupun hasil yang terbaik, Ditjen Belmawa setiap tahun memperbaiki dan atau menyempurnakan pedoman atau aturan penyelenggaraan. Sejalan dengan visi, misi dan program kerja pemerintah, pengembangan kemahasiswaan diarahkan untuk mengembangkan kemandirian dan kepribadian.

Acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2016 akan berlangsung mulai hari ini, Minggu (14/8) hingga Selasa (16/8), dan ditutup dengan upacara bendera pada Rabu (17/8). (DRT/Editor/HKLI)