Home » Berita

Dukungan Kemenristekdikti untuk Mobil Listrik Nasional

15/07/2016

Bandung – Belmawa. Usai lebaran, (13/7/2016), Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad mendampingi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam acara silaturahmi dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), yang diselenggarakan di Gedung Achmad Sanusi, UPI. Pada acara tersebut, Rektor UPI dengan bangga memperkenalkan para mahasiswa dan pembimbing Tim Bumi Siliwangi yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia pada kompetisi mobil listrik kelas internasional.

Acara silaturahmi tersebut kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Museum Pendidikan Indonesia di kawasan kampus UPI. Pada kesempatan tersebut, Menristekdikti serta Dirjen Belmawa memberi paparan singkat mengenai masa depan mobil listrik di Indonesia.

Dalam mendukung inovasi mahasiswa yang telah mengharumkan nama bangsa tersebut, Kemenristekdikti telah mengembangkan konsorsium untuk mobil listrik nasional. Konsorsium tersebut berada di bawah lima perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS Solo), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Seluruh perguruan tinggi harus terus mengembangkan mobil listrik nasional serta terlibat dalam kompetisi-kompetisi berskala internasional. Diharapkan dengan keterlibatan tersebut akan muncul inovasi-inovasi baru, contohnya adalah dari UPI.

Technology Readiness Level atau tingkat kesiapan teknologi dari mobil listrik UPI sudah mencapai tingkat 7, artinya seluruh aspek sudah berjalan. Tahap selanjutnya adalah melanjutkan prosesnya ke industri (down-stream), bekerjasama dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Hal tersebut seharusnya dapat memacu perguruan tinggi lainnya untuk turut berkontribusi dalam memajukan mobil listrik nasional,” papar M Nasir.  (DRT/Editor/HKLI)