Home » Berita

Mahasiswa UPI Juara Dunia Mobil Hemat Energi di London

13/07/2016

Banten  – Belmawa. Kembali anak bangsa, generasi muda Indonesia menorehkan prestasi luar biasa di tingkat dunia. Hal ini ditunjukkan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengukir sejarah dengan menjadi juara pertama Drivers’ World Championship for Urban Concept Cars yang diselenggarakan di London pada tgl. 3 Juni 2016.

Mereka adalah Ramdani dan 7 mahasiswa lainnya, serta 2 pembimbing yang tergabung dalam Tim Bumi Siliwangi. Ramdani sebagai driver start dari posisi kedua di belakang tim Prancis dari delapan tim yang turun dalam final lomba balap mobil Urban Concept di Olympic Park, London. Mobil

Kedatangan Tim mahasiswa UPI dari London, Inggris, Minggu (3/7/2016) disambut langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia (Menristekdikti) Mohamad Nasir bersama Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Intan Ahmad, Ph.D dan Rektor UPI Prof. Furqon, Ph.D. di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menristekdikti mengucapkan selamat kepada seluruh tim mahasiswa dari UPI Bandung yang telah sukses di percaturan mobil listrik kelas dunia, dan menyatakan bahwa keberhasilan mahasiswa Indonesia yang mampu mencapai juara satu merupakan bukti bahwa kualitas mahasiswa di tanah air mampu bersaing dengan negara lain secara global, termasuk inovasi dalam mengembangkan mobil yang ramah lingkungan. “Kita akan dorong terus bersama PT Shell Indonesia, dan tidak berhenti di sini saja. Kalau bisa kita tingkatkan sehingga menjadi produk Indonesia, menjadi inovasi produk yang menghasilkan produk Indonesia,” papar Menristekdikti.

Kemenangan ini mengobati kekecewaan dan duka yang dalam tim mahasiswa Indonesia yang lain, yaitu Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang gagal mengikuti kategori lainnya karena musibah kebakaran mobilnya dalam pengangkutan dan Tim Sadewa Universitas Indonesia (UI) yang gagal menjadi juara. (WWS/Editor/HKLI).