Home » Berita

Upacara Pelepasan Kontingen Indonesia ke ASEAN University Games

12/07/2016

Jakarta – Belmawa. Tepat pkl. 09.00 WIB, tgl. 9 Juli 2016, bertempat di ruang Auditorium Gedung D Dikti Lt. 2 dilakukan upacara pelepasan oleh Intan Ahmad, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kepada lebih dari 200 atlet dan official Indonesia yang akan mengikuti the 18th ASEAN University Games (AUG) di Singapura.

Dalam sambutannya, Intan Ahmad menyampaikan bahwa setiap atlet tentunya mengharapkan kemenangan dalam setiap pertandingan, namun demikian diharapkan tetap menjunjung sportivitas dan fair play. Untuk menang dalam pertandingan harus bertanding secara benar dan adil, serta ikuti saran/petunjuk pelatih (coach). Yang paling penting adalah menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia. “Kita harus menjaga merah putih”, demikian ujar Intan Ahmad mengakhiri sambutan pelepasannya.

Sebelumnya Didin Wahidin, Direktur Kemahasiswaan selaku Ketua Delegasi Kontingen Indonesia AUG 18 di Singapura melaporkan bahwa delegasi Indonesia terdiri dari 207 orang, atlet yang berjumlah 126 akan mengikuti 12 cabang olahraga, yaitu renang, menembak, bola voli, bola basket, polo air, pencak silat, anggar, dayung, atletik, pentaque, badminton, dan panahan. Disampaikan pula bahwa, 2 (dua) tahun lalu, pada penyelenggaraan AUG ke-17 di Palembang, Indonesia menjadi juara umum, dan diharapkan bila AUG ke-18 ini dapat mendulang sukses, para atlet akan dikirim ke Universiade tahun 2017 di Taipei.

AUG ke-18 ini akan berlangsung sejak tgl. 9 Juli dan berakhir pada 19 Juli 2016 di Nanyang Technlogical University (NTU) Singapura. Even yang berlangsung setiap 2 (dua) tahun sekali ini akan mempertandingkan 16 cabang, dan Singapura telah menjadi tuan rumah sebanyak 3 (tiga) kali sejak tahun 1994. Pada setiap penyelenggaraannya, Indonesia menjadi negara yang paling sering menyabet gelar juara umum dengan koleksi 11 gelar sejak even ini pertama kali bergulir di tahun 1981.AUG-Peserta

Akhirnya, sebelum berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, seluruh hadirin acara pelepasan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, dan kemudian dilanjutkan dengan mencium bendera merah putih oleh para atlet sebagai tanda akan menjunjung nama bangsa dan negara Indonesia di kancah internasional. (MG/Editor)