Home » Berita

Sosialisasi dan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Surabaya

20/06/2016

Surabaya – Belmawa. (10-11/6) Kali ini kegiatan Sosialisasi dan Workshop SPMI dilaksanakan di Surabaya setelah sebelumnya di Bandung dan Banda Aceh. Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 10 -11 Juni 2016. Peserta berasal dari PTN yang baru dinegerikan pada periode 2014-2015 di wilayah Kopertis VII dan XI serta  beberepa peserta tambahan dari PTS.

Acara dibuka oleh Koordinator Kopertis VII, Prof Dr. Ir. Suprapto didampingi oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti; Kasubdit Kompetens Lulusan,  Retno R Sunarni selaku Plt. Direktur Penjaminan Mutu, Kasi Revitalisasi Program dan Kasi Penguatan Mutu. Dalam sambutannya, Suprapto selain mengucapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan diadakannya kegiatan Sosialisasi dan Workshop SPMI di wilayahnya juga memaparkan kondisi nyata status akreditasi institusi dan prodi di wilayahnya. “ Ada 1805 prodi di Kopertis VII dan 335 PTS, ada 3 PTS terakreditasi A yaitu Universitas Petra, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang,” ungkap Suprapto.

Sementara Antari w Mawarti dalam laporannya menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini diikuti 43 peserta, antara lain dari  Universitas Borneo Tarakan, Politeknik Negeri Tanah Laut, Politeknik Negeri Sambas, Institut Teknologi Kalimantan, Politeknik Negeri Balikpapan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Surabaya, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Negeri Banyuwangi, Akademi Komuitas Negeri Pacitan, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan, Universitas Budi Luhur Jakarta, dan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia Malang.

Sosialisasi dan Workshop akan berlangsung selama 2 (dua) hari, acara hari pertama bentuknya pleno dengan materi  paparan-paparan dari para fasilitator sedangkan hari ke-2 peserta dibagi dalam 4 (empat) kelompok guna pendalaman materi dan paparan rencana kegiatan pelaksanaan SPMI di masing-masing. Pada hari pertama, paparan diawali oleh Retno R Sunarni selaku Plt. Direktur Penjaminan Mutu dengan judul “Kebijakan dan Program Pendidikan Tinggi”, paparan oleh Antari W Mawarti dengan judul “Pengenalan Program dan Kegiatan Penguatan Mutu Tahun 2016”, dilanjutkan Prof. Nyoman Sadra Dharmawan membawakan materi Kebijakan Nasional SPM Dikti, paparan dari Prof. Setyo Pertiwi tentang Kebijakan SPMI , paparan Kebijakan SPME oleh  Prof. Bambang Suryoatmono, daan paparan Kebijakan Evaluasi Mutu Internal oleh Prof.  Moses L Singgih  paparan tentang Kebijakan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) disampaikan oleh David Akbar Maulana  dari Pusdatin Kemenristekdikti, setiap sesi paparan diakhiri dengan tanya jawab.

Hari kedua peserta dibagi dalam 4 kelompok. Sesi pagi masing-masing kelompok diberikan waktu selama 2 jam untuk berdiskusi kelompok didampingi seorang fasilitator untuk membuata paparan kelompok. Pada sesi paparan, setiap kelompok diberikan kesempatan paparan materi rencana pelaksanaan SPMI dari masing-masing institusi selama 20 menit termasuk tanya jawab dan tanggapan dari para fasilitator. Acara ditutup oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepesertaan kepada perwakilan kelompok diskusi.  (hz/editor/HKLI)