Home » Berita

Direktorat Penjaminan Mutu Selenggarakan Diseminasi SPMI di KOPERTIS Wilayah XI

20/06/2016

Pontianak – Belmawa. (14/6)  Diseminasi SPMI di Wilayah Kopertis XI sangat penting untuk membantu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam meningkatkan mutu, yang pada akhirnya PTS dapat diminati siswa. Mutu PTS yang baik menjadi modal untuk bersaing di kemudian hari. Mengingat hal tersebut diharapkan agar kegiatan ini dapat berlanjut. Demikian Prof.Dr. H. Indianor, Koordinator Kopertis Wilayah XI dalam sambutannya dihadapan 168 peserta dari PTS yang berasal dari 5 (lima) provinsi.

Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ini merupakan lanjutan kegiatan Diseminasi SPMI di perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dimana untuk Wilayah Kopertis XI (Kalimantan) dilaksanakan di IKIP PGRI Pontianak, tgl. 14 Juni 2016.

WhatsApp-Image-20160619Dalam kata pembukaannya, Prof. Dr.  Samion H.Ar, MPd., Rektor IKIP PGRI Pontianak, menyampaikan rasa terima kasihnya bahwa IKIP PGRI Pontianak dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan tersebut. Disampaikan bahwa IKIP PGRI Pontianak telah terakreditasi B dengan 4 (empat) Prodi terakreditasi B, dan 6 (enam) Prodi terakreditasi C. Ia bertekad bahwa selama masa jabatan akan menjadikan Prodi yang terakreditasi C menjadi B, dan siap membangun budaya mutu di IKIP PGRI Pontianak .

Prof. Dr. Aris Junaidi, Direktur Penjaminan Mutu membuka acara Diseminasi SPMI untuk Kopertis XI Wilayah Kalimantan, dan menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu dari 4 (empat) fokus kegiatan yang menjadi agenda tahun 2016, yakni Bimbingan Teknis SPMI, Pelatihan Auditor Internal dan TOT SPMI. Selanjutnya untuk tahun 2017 akan dilakukan hibah kepada Kopertis untuk melaksanakan Diseminasi SPMI di wilayahnya dan Perguruan Tinggi Asuh dimana perguruan tinggi negeri maupun swasta yang telah mempunyai kemampuan dalam melaksanakan SPMI akan mengasuh perguruan tinggi di wilayahnya mengenai Sistem Penjaminan Mutu.

Sebagai pokok acara, Fasilitator Pusat Prof. Dr. Johanes Gunawan dan Prof. Dr. Bernadette Waluyo menyampaikan materi Diseminasi SPMI antara lain: Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti), Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Mansyur Ramly, Ketua BAN-PT menyampaikan Sistem Penjaminan Mutu Ekternal, sedangkan dari Pusdatin disampaikan oleh Khairul Syafudin yang menyampaikan mengenai Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.(Susis/Editor/HKLI))