Home » Berita

Ujian Adik di Gelar Untuk Tanah Papua

18/06/2016

Sorong-Belmawa. Dirjen Belmawa Intan Ahmad meninjau langsung ujian Adik yang bertempat di SMA 3 Sorong, Ratusan peserta bersemangat mengikuti  tes seleksi Afirmasi pendidikan tinggi (Adik), Dalam kesempatan ini Dirjen Belmawa Intan Ahmad memberikan semangat kepada para peserta ujian Adik, “Ini kesempatan yang baik sekali  untuk anak asli papua untuk  melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Gunakan waktu sebaik baiknya dan konsentrasi untuk mengerjakan soal soal, tidak perlu terburu buru, Harus tenang untuk mendapatkan nilai yang baik”  Tegas Intan kepada peserta Ujian.

“Untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi di butuhkan kerja keras, disiplin tinggi dan kreatifitas, Di harapkan dalam menempuh pendidikan tinggi harus niat dari diri sendiri serta dukungan dari orang tua sehingga lulusan ADik bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara dan meningkatkan kehidupan di tanah papua tercinta ini” kata Intan. Selanjutnya ia menceritakan “Sudah ada contoh bahwa ada anak asli tanah papua sudah selesai menyelesaikam studinya di Universitas Halu Oleo dengan baik, Ini contoh betapa perhatian pemerintah terhadap pendidikan di tanah papua” Ungkap Guru Besar ITB ini.

Sedikitnya 3.000 siswa SMA dan sederajat di 15 provinsi mengikuti ujian seleksi Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK).  Ini adalah beasiswa yang diberikan Ditjen Belmawa Kemristekdikti kepada para pelajar dari Papua, Papua Barat dan daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) sebagai bagian akses pemerataan pendidikan di Tanah Air.

Intan menerangkan, 500 anak Papua tersebut nantinya akan mendapatkan beasiswa di salah satu 48 Perguruan Tinggi Negeri  (PTN) di luar Papua. “Kalau tidak ada afirmasi, mereka tentu tidak bisa bersaing dan ini tentu tidak fair karena kualitas mereka tidak sama dengan anak daerah lain. Oleh sebab itu, kami beri perhatian khusus,” jelas Intan.

Harapan dari pemerintah agar para anak-anak Papua memanfaatkan dengan baik program ADik  ini untuk belajar dan berlatih agar bisa membawa masyrakat papua jauh lebih baik lagi baik dalam ekonomi dan pendidikan.

Mendampingi Dirjen Belmawa pada saat peninjauan yaitu Ketua ADik Papua Prof. Yonny Koesmaryono, Kepala Bagian Perencanaan Belmawa Edi Siswanto, Pejabat Pemda Sorong,dan juga  Perwakilan dari UNIPA. (sr/gpk-edt/HKLI)