Home » Berita

Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Tingkatkan Mutu Prodi Pendidikan Tinggi Melalui Pelatihan Auditor Mutu Internal di Bandung

25/05/2016

Bandung – Belmawa. Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2016 ini menyelenggarakan Pelatihan Auditor Internal Bersertifikat pada Kamis – Sabtu, 19-21 Mei 2016 di Bandung.

Pelatihan ini diselenggarakan untuk mencetak auditor mutu internal perguruan tinggi yang siap melakukan audit mutu internal perguruan tinggi mereka sendiri dan perguruan tinggi lain di sekitarnya dalam rangka penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) khususnya pada siklus Evaluasi. Audit Internal terhadap mutu pendidikan tinggi menggunakan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) perlu mendapat perhatian untuk pencapaian mutu sesuai harapan seluruh pemangku kepentingan pendidikan tinggi.

Dalam sambutan sekaligus laporannya, Antari W. Mawarti melaporkan bahwa pelatihan Audit Mutu Internal diikuti oleh 29 peserta dari 18 perguruan tinggi, terdiri dari 22 peserta dari lulusan ToT SPMI batch Bandung, 4 orang dari peserta ToT SPMI 2014-2015, dan sisanya dari fasilitator wilayah yang aktif di SPMI wilayah masing-masing.

hajaj bandung1Acara pada hari pertama diisi dengan paparan Kebijakan Nasional SPM Dikti yang disampaikan Dr. I Gde N Merthayasa, paparan Prof. Gentur tentang Teori Audit Mutu Internal dan Perencanaan Audit Mutu Internal , dan materi Kepemimpinan oleh Prof. Lilik S.  Selain paparan materi terkait audit, dalam  pelatihan ini dilakukan praktek Implementasi audit mutu internal (Audit Dokumen) dengan berkas sebenarnya/dokumen dari 5 prodi yang berbeda dan kunjungan ke lapangan pada hari ke-2 di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung.  Pelatihan Audit Internal lakukan kunjungan langsung pada  5 (lima) Program Studi dibawah struktur organisasi  ISBI Bandung,  yaitu : Prodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Prodi D4 Film dan Televisi, Prodi Seni Karawitan, Prodi Seni Tari,  dan  Prodi D4 Rias dan Busana.

Adapun Fasilitator pelatihan Auditor Internal merupakan Tim Pengembang Fasilitator SPMI Pusat antara lain Prof. Gentur J Sutapa, Prof. Lilik Sutiarso, Dr. I Gde N Merthayasa, dan Prof. Hartanto Nugroho. (haz/editor/HKLI)