Home » Berita

Mahasiswa Universitas Prima Indonesia Medan Ikuti UKMPPD

23/05/2016

Medan-belmawa, Sebanyak 20 Mahasiswa Program Profesi  Dokter  Universitas Prima Indonesia Medan mengikuti Uji Kompetensi yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 20 dan 21 Mei 2016.  Bertempat di Kampus Unpri Medan, para peserta UKOM tidak hanya berasal dari Mahasiswa Unpri saja melainkan juga  diikuti oleh 90 Mahasiswa yang berasal dari Universitas Islam Sumatera utara (UISU).

Menurut Penanggung Jawab Lokasi ujian, dr. Ali Nasution yang juga dosen FK Unpri ini mengatakan ‘peserta Ukom di Unpri berjumlah 110 peserta, yang terdiri dari 20 berasal dari Unpri, dan 90 peserta berasal dari UISU dan terbagi menjadi 2 sesi” kata dokter yang murah senyum ini.

Masih menurut dr. Ali, dia menyampaikan bahwa “mahasiswa yang sudah menjalani pendidikan profesi dokter tidak boleh memiliki ijazah sebelum lulus uji kompetensi’.  Selanjutnya, dokter yang sedang menyelesaikan program doktor bio molekuler di UNAN Padang ini menyampaikan “Ibarat orang tua, apabila sudah lulus uji kompetensi, maka kami akan melepas mereka dengan senang dan rasa bangga untuk keluar dari rumah, tapi apabila mereka tidak lulus uji kompetensi, maka kami akan selalu mendidik mereka, mengajari mereka sampai mereka lulus ujiannya”.

Dr. Iis Inayati selaku PP Ukom di Unpri mengatakan bahwa setiap tahun uji kompetensi mengalami kenaikan nilai kelulusan ‘ untuk tahun ini kalau tidak salah dengan 66 poin, tapi untuk tahun depan mungkin sudah diatas 75 poin”, soal yang diujikan rata-rata kejadian sehari-hari yang dihadapai oleh para dokter terhadap diri pasien yang melakukan konsultasi ke tempat praktek, maka jika dicermati diharapkan para peserta yang mengikuti Ukom ini dapat lulus semua,”  harap dosen di Unjani ini.  Secara umum,  untuk Computer-Based Test/CBT, dan tanggal 28-30 Mei 2016 untuk Objective Structured Clinical Examination/OSCE. UKMPPD periode Mei 2016 memiliki peserta terbesar sepanjang pelaksanaan UKMPPD, yaitu 5139 mahasiswa. CBT diselenggarakan di 37 FK, sedangkan OSCE akan diselenggarakan di 59 FK.

Walaupun kota medan diguyuri hujan sejak pagi, terlihat para peserta  mengikuti Ukom kali ini dengan penuh semangat dan berharap agar mereka bisa lulus, “berharap Lulus bang, Agar saya bisa melamar calon istri saya” kata Fauzi salah satu peserta Ukom menutup pembicaraannya. (gpk/HKLI/AS-Edt)