Home » Berita

Ditjen Belmawa Lakukan Sosialisasi dan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Banda Aceh

23/05/2016
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Aceh – Belmawa.  Dalam rangka menyebarkan informasi tentang penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada perguruan tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu mengadakan Sosialisasi dan Worskhop SPMI selama 2 hari, tanggal 16-17 Mei 2016 di Banda Aceh. Peserta berasal dari PTN baru yang dinegerikan pada periode 2014-2015 di wilayah Kopertis 13 dan peserta tambahan dari PTS setempat.

Acara dibuka oleh Kabid Akademik, Kelembagaan, dan Kerjasama Kopertis Wilayah 13, M Najib didampingi oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti dan Kasi Peningkatan Mutu, Masluhin Hajaz. Dalam sambutannya, M Najib selain mengucapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan diadakannya kegiatan Sosialisasi dan Workshop SPMI di wilayahnya juga memaparkan kondisi nyata akreditasi insitusi dan prodi di wilayahnya. “ Dari total 309 prodi yang ada 107 PTS, akreditasi B sebanyak 69 prodi, 182 prodi akreditasi C dan belum ada yang terkareditasi A,” papar M Najib. M Najib juga menyampaikan kalau kegiatan Sosialisasi dan Workshop SPMI sejalan dengan agenda kegiatan di Kopertis 13 dalam rangka peningkatkan mutu prodi. Di akhir sambutan, M Najib berharap agar para peserta nantinya bisa ikut membantu kopertis melakukan sosialisasi SPMI di Kopertis 13.

acehSementara Antari w Mawarti dalam laporannya menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini diikuti 41 peserta, antara lain masing-masing 6 (enam) orang dari PTN Baru a.l. dari  Universtitas Teuku Umar, Universitas Samudera Langsa, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat. Sementara masing-masing 1 (satu) orang peserta dari PTS a.l. dari Universitas Syah Kuala, STIE Sabang, Politeknik LP3I Medan, STTI Immanuel Medan, Akademi Industri Immanuel, Akademi Kebidanan Saleha Banda Aceh, Sekolah Tinggi Agama Islam Sepakat Segenap Kutacena, Universitas Muhammadiyah Aceh, Institut Agama Islam Al Muslim Bireuen, Universitas Ubudiyah Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Aceh Barat Daya, Universitas Malikussaleh, Sekolah Tinggi Agama Islam Abdur Rauf Aceh Singkil, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bustanul Ulum, Universitas Serambi Mekkah, dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Washliyah.

Sosialisasi dan Workshop SPMI berlangsung selama 2(dua) hari. Acara hari pertama bentuknya pleno dengan materi  paparan-paparan dari para fasilitator sedangkan hari ke-2 peserta diberikan dibagi dalam 7 (tujuh) kelompok dan diberikan tugas untuk paparan rencana kegiatan pelaksanaan SPMI di masing-masing institusi untuk pendalamanan materi. Pada hari pertama, Prof. Bambang Suryoatmono membawakan materi Kebijakan Nasional SPM Dikti, paparan dari Prof. Tirza Hanum tentang Kebijakan SPMI, paparan Kebijakan SPME oleh Dr. I Gde N Merthayasa, paparan Kebijakan Evaluasi Mutu Internal oleh Prof. Hartanto Nugroho, dan diakhiri paparan tentang Kebijakan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) disampaikan oleh Syachruddin dari Pusdatin Kemenristekdikti, setiap sesi paparan diakhiri dengan tanya jawab.

Hari kedua masing-masing kelompok diberikan kesempatan paparan materi rencana pelaksanaan SPMI dari masing-masing institusi selama 15 menit termasuk tanya jawab dan tanggapan dari para fasilitator. Acara ditutup oleh Kasi Kelembagaan Kopertis 13, Ali Umar didampingi Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepesertaan kepada perwakilan kelompok pendalaman materi.  (ana-hz/editor/HKLI).