Home » Berita

Pelatihan Calon Pelatih SPMI Batch Semarang

19/05/2016
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Semarang – Belmawa. Dalam rangka peningkatan mutu perguruan tinggi sesuai dengan amanat UU No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No.50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan serangkaian Pelatihan Calon Pelatih Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada tahun 2016. Pelatihan kali ini berlangsung pada tanggal 10-12 Mei 2016 di Semarang setelah sebelumnya  pelatihan yang sama diselenggarakan di Bandung pada bulan April. Peserta yang lulus dalam pelatihan nantinya diharapkan  dapat menjadi pelatih SPMI di institusi dan wilayahnya masing-masing dan bisa mengikuti pelatihan berikutnya yaitu Pelatihan Auditor Internal.

Acara dibuka oleh Direktur Penjaminan Mutu, Prof. Aris Junaidi didampingi Kasubdit Penguatan Mutu, Antari  W Mawarti; Kasi Peningkatan Mutu; dan Kasi Revitalisasi Program. Dalam sambutan pembukaannya, Prof. Aris Junaidi mengharapkan agar peserta bisa menerapkan SPMI di perguruan tinggi masing-masing dan menjadi agen untuk menyebarkan SPMI di wilayah masing-masing secara berkelanjutan.

Hadir dalam acara pembukaan  Koordinator Kopertis wilayah VI Jawa Tengah,  Dwi Yuwono Puji Sugiharto. Dwi Yuwono menyampaikan kondisi PTS  di wilayah Jawa Tengah saat ini dan mengharapkan acara pelatihan calon pelatih SPMI dapat menghasilkan banyak lulusan pelatih SPMI yang handal yang nantinya dapat bekerjasama dengan Kopertis Wilayah VI untuk memajukan Penjaminan Mutu  PTS di wilayah Jawa Tengah. “Semoga semua peserta bisa lulus dan segera bisa menularkan virus SPMI di Kopertis  VI,” harap Dwi. Secara khusus beliau juga meminta daftar peserta yang nantinya lulus untuk disampaikan ke Kopertis VI agara segera bisa melatih SPMI di wilayahnya.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kasubdit Penguatan Mutu, Antarari W. Mawarti, dalam laporannya menyampaikan bahwa acara pelatihan calon pelatih SPMI diikuti oleh 30 peserta dari 14 perguruan tinggi, antara lain: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Universtas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Polikteknik Negeri Semarang, Universitas Katolik Soegijapranata,  Institut Pertanian Bogor, dan tambahan peserta Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Pelatihan berlangsung selama  3 (tiga) hari, acara pada hari pertama dalam bentuk pleno dengan materi: Kebijakan Nasional SPM Dikti, SPMI, SPME, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, dan Evaluasi Pelaksananaan Standar SPMI.  Materi disampaikan oleh antara lain Prof. Nyoman Sadra, Prof. Johannes Gunawan dan Prof. Bernadette M  Waluyo.  Adapun pada pelaksanaan pelatihan di hari kedua peserta dibagi menjadi dua kelas, kelas A  difasilitatori oleh Prof Johanes Gunawan dan Dr.  I Gede Nyoman Merthyasa dan kelas B difasilitatori oleh Prof Nyoman Sadra dan Prof. Bernadette M Waluyo. Selain pendalaman materi, pada hari kedua  peserta mendapat tugas yang berbeda-beda untuk menyusun Perancangan Dokumen SPMI dan selanjutnya memapaparkannya di hadapan fasilitator dan peserta. Pada paparan tugas masing-masing, peserta bisa saling berinteraksi satu dengan yang lain di kelompoknya dengan diskusi dan tanya jawab.  Pada hari ketiga pelatihan disampaikan materi Kode Etik Fasilitator dan diakhiri dengan penyampaian sertifikat kepesertaan dan penutupan. (oct-hz/editor/HKLI))