Home » Berita

PORSENI XI Manado: Menjunjung Sportivitas, Torang Samua Basudara

18/05/2016

Manado – Belmawa. Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) XI Politeknik Negeri se-Indonesia kembali digelar tahun 2016 ini di Manado dengan mengangkat tema “Menjunjung sportivitas dengan melandaskan semangat torang samua basudara”.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof Intan Ahmad menghadiri pembukaan kegiatan dua tahunan ini. Acara yang diselenggarakan  pada Senin 16/5/2016  di Stadion Lapangan KONI SULUT, Jalan Ahmad Yani Kecamatan Sario Manado Provinsi Sulawesi Utara tersebut  berlangsung meriah.

Dalam sambutannya, Intan mengatakan bahwa olahraga sangatlah penting, selain badan dan jiwa sehat, olahraga membentuk karakter dan menumbuhkan semangat juang. “Kegiatan seni tidak kalah pentingnya, karena berbagai studi menunjukkan bahwa seni, baik seni drama, musik, tari, visual arts dan lainnya, ternyata dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan sosial, akademik, dan daya pikir kreatif kita”, tambahnya.

“Kepada seluruh peserta PORSENI, ini adalah suatu kesempatan luar biasa, tidak saja untuk berkompetisi menang bertanding, tetapi Anda dapat menjalin persaudaraan di antara anak-anak bangsa lainnya, membuat Indonesia lebih kohesif lagi secara sosial”, terangnya di hadapan seluruh peserta. Intan juga berpesan untuk menanamkan sikap pemenang (winning attitude) dalam kompetisi ini. Ia mengutip pepatah Winston Churchill,  the pessimist sees difficulty in every opportunity, while the optimist sees the opportunity in every difficulty, orang yang optimis akan melihat peluang atau kesempatan bila menghadapi kesulitan.

WhatsApp-Image-20160516 (1)PORSENI XI yang akan berlangsung hingga 22 Mei 2016 ini, diikuti lebih dari 1.054 mahasiswa (atlet dan seniman) dari 43 Politeknik se-Indonesia, 40 Politeknik negeri dan 3 Politeknik swasta, memperebutkan medali pada tiga belas cabang olahraga dan tujuh seni yang diperlombakan.

Turut hadir dalam pembukaan PORSENI XI, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey; Direktur Politeknik Negeri Manado, Jemmy J. Rangan, Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa, Didin Wahidin, beserta para Direktur Politeknik kontingen PORSENI se-Indonesia.

Setelah acara dibuka resmi oleh Olly, ditandai dengan memukul tetengkoren dan melepas balon ke udara sebagai simbol, Intan menyerahkan sementara Piala Bergilir PORSENI X yang sebelumnya dipegang Politeknik Negeri Sriwijaya kepada Jemmy selaku tuan rumah Politeknik Negeri Manado. (andri/belmawa/editor/HKLI))