Home » Berita

Dirjen Belmawa Beri Kuliah Umum di Institut Teknologi – Del Sumatera Utara

10/05/2016

Sumatera Utara – Belmawa.  Prof Intan Ahmad, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan kuliah umum kepada para mahasiwa IT – Del di auditorium Institut Teknologi Del Laguboti pada 19 April 2016. Sebelum memberikan kuliah umum, Intan yang juga Guru Besar ITB bertemu dengan Rektor, Wakil Rektor, Para dosen dan pengurus yayasan  IT – Del.  Dalam kesempatan tersebut,  Intan memaparkan program progam di kementerian khususnya program pembelajaran dan kemahasiswaan. Intan selalu mengatakan betapa pentingnya pendidikan, bukan hanya menghasilkan lulusan saja tetapi juga bisa menggerakan dibidang ekonomi agar mampu bersaing dengan negara tetangga.

Institut Teknologi Del berlokasi di desa Sitoluama, kecamatan Laguboti, kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara. Kampus ini berada di pinggir salah satu danau alami terbesar di dunia, yaitu Danau Toba.  Kampus ini  berjarak kurang lebih 225 km dari ibukota provinsi Sumatera Utara, Medan, dengan waktu tempuh perjalanan darat +/- 6 jam. Jika menggunakan pesawat, waktu tempuhnya adalah 45 menit dari Bandara Internasional Polonia, Medan menuju bandara Silangit dan kemudian menempuh perjalanan sekitar 50 menit dari bandara Silangit menuju kampus IT Del. Kampus IT Del berjarak 10 km dari ibukota kabupaten Tobasa, yaitu Balige. Arsitektur dari setiap bangunan di kampus IT Del diusahakan ergonomis sehingga menumbuhkan suasana betah untuk berada di kampus. Sementara untuk akses informasi dari luar dapat dilakukan dengan Internet, TV Satelit (kabel), dan juga media massa (majalah, koran). Tokoh-tokoh penting dari pemerintahan, praktisi, akademisi baik dari dalam dan luar negeri juga hampi setiap bulan mengunjungi kampus IT Del, sehingga warga IT Del tidak ketinggalan dalam hal informasi dan perkembangan yang terjadi saat ini.

Sementara itu, Salah satu tugas Universitas adalah meningkatkan Akreditasi, Contohnya C jadi B jika bisa A akan baik sekali, kami berharap kepada para dosen agar turut berpartisipasi meningkatkan Akreditasi dengan kerja keras maka di dapatlah akreditasi yang baik bahkan bisa mendapatkan akreditasi internasional. Selain itu Intan menekankan kepada para dosen untuk selalu mempublikasikan hasil penelitian penelitian karena dengan adanya publikasi karier para dosen akan selalu meningkat  dan di kenal di dalam maupun di luar negeri, Dan jangan di anggap suatu beban, Tutur Intan.

Mahasiswa menyambut baik kedatangan Dirjen Belmawa.  Dalam paparannya, Doktor lulusan University of Illinois at Urbana-Champaign  ini  mengatakan, “Masa depan itu berada pada generasi muda, generasi muda dalam hal ini mahasiswa agar mempersiapkan diri melalui cita-citanya yang bisa dikembangkan di kampus”. Intan bangga melihat proses belajar mahasiswa di IT – Del yang tinggal di asrama, bisa belajar toleransi, bersikap disiplin, dan saling tolong menolong. Diharapkan kampus ini dapat menghasilkan para lulusan yang berpengetahuan, terampil dan menciptakan inovasi baru  untuk membawa bangsa indonesia lebih maju lagi, dan meningkatkan ekonomi dunia. Hadir para dosen IT – Del, pengurus yayasan, dan ratusan Mahasiswa IT – Del. (SR/editor/HKLI)