Home » Berita

Direktorat Penjaminan Mutu Lakukan Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

04/05/2016

Bandung – Belmawa.  Direktorat Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Tim SPMI Nasional menyelenggarakan Diseminasi tentang SPMI kepada seluruh Perguruan Tinggi Swasta. Kegiatan ini diadakan di Auditorium Kopertis Wilayah IV pada 28 April 2016 bertempat Jl. P.H.H. Mustofa No. 38 Jawa Barat. Diseminasi Akreditasi Program Studi ini menjadi sebuah keharusan demi mewujudkan budaya mutu disetiap Perguruan Tinggi dan diharapkan menjadi pembekalan dalam rangka kesiapan  menghadapi arus global, khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Selain itu, hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Diseminasi secara resmi dibuka oleh Direktur Penjaminan Mutu,  Aris Junaidi. Dalam kesempatan ini, Aris Junaidi yang juga Guru besar UGM menyatakan ,”Dengan diadakannya acara diseminasi ini agar setiap perguruan tinggi menyadari bahwa tanggung jawab atas mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di perguruan tinggi tersebut tidak lagi sepenuhnya di tangan pemerintah, melainkan terutama di tangan perguruan tinggi itu sendiri.  Disamping itu,  dapat memberikan inspirasi pada setiap perguruan tinggi tentang apa, mengapa, siapa, dimana, bila mana, dan bagaimana melaksanakan penjaminan mutu di perguruan tinggi, juga memperoleh informasi dan pengalaman berharga tentang proses dan mutu, serta inovasi pembalajaran yang ideal untuk dilaksanakan di perguruan tinggi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.”

?????????????

Acara ini dihadiri kurang lebih 200 orang peserta dari Perguruan Tinggi Swasta dengan Nara Sumber dari Fasilitator Pusat (Tirza Hanum & I Gde Nyoman Merthayasa) dan Fasilitator Wilayah (Adit Kurniawan & Tutun Juhana), serta Ketua Majelis BAN PT (Dwi Wahyu Sasongko).

Kegiatan Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi bertujuan agar Perguruan Tinggi yang belum mengenal SPM Dikti mampu memahami peranan SPM Dikti dalam pengembangan Perguruan Tinggi; dan menginisiasi implementasi SPMI sebagai salah satu pilar SPM Dikti

Peserta yang hadir sangat antusias dan memberikan respon positif melalui kritik dan saran yang ditujukan kepada Direktorat Penjaminan Mutu. Dari diskusi yang terjadi saat pelaksanaan kegiatan Diseminasi tersebut, Tim SPMI Belmawa mendapat beberapa masukan, antara lain: pentingnya upaya desiminasi ini agar dilaksanakan secara rutin dan lebih homogen para pesertanya, misalnya dari Politeknik, Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi dsb. Perguruan Tinggi juga membutuhkan pendampingan khusus untuk dapat mengimplementasikan SPMI. (Galuh/editor/HKLI)