Home » Berita

DItjen Belmawa Lakukan Sosialisasi dan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

02/05/2016
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bandung – Belmawa.  Direktorat Penjaminan Mutu Ditjen Belmawa Kemenristekdikti menyelenggarakan Sosialisasi dan Worskhop SPMI selama 2 hari, 26-27 April 2016 di Bandung. Peserta berasal dari PTN baru yang dinegerikan pada periode 2014-2015 di wilayah Sumatera , Kopertis wilayah III,IV, dan VI. Hal ini sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)  pada perguruan tinggi pada Bab III UU Dikti No. 12 Tahun 2012 tentang Penjaminan Mutu.

Acara dibuka oleh Aris Junaidi,  Direktur Penjaminan Mutu Ditjen Belmawa didampingi Kasubdit Penguatan Mutu, Antari, Kasi Peningkatan Mutu, dan Kasi Revitalisasi Program. Dalam sambutan pembukaan, Guru Besar Kedokteran Hewan UGM ini mengharapkan agar peserta bisa menerapkan SPMI di perguruan tinggi masing-masing dan menjadi agen untuk menyebarkan SPMI di lingkungan perguruan tinggi sekitar.

Sementara Antari W Mawarti dalam laporannya menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini diikuti 50 peserta, antara lain dari Instiitut Teknologi Sumatera (Itera), Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI ), Universitas Tidar, Universitas Siliwangi (Tasikmalaya), Universitas Singaperbangsa (Kawarang), Politeknik Negeri Cilacap, Politeknik Negeri Subang, Politeknik Negeri Indramayu, UPN Yogyakarta, UPN Jakarta, dan tambahan dari Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.

Sosialisasi dan Workshop berlangsung selama 2 (dua) hari, acara hari pertama bentuknya pleno dengan materi  paparan-paparan dari para fasilitator sedangkan hari ke-2 peserta dibagi dalam 2 (dua) kelas untuk pendalamanan materi. Pada hari pertama, Prof. Johannes Gunawan membawakan materi Kebijakan Nasional SPM Dikti, paparan dari Prof. Bernadette tentang Kebijakan SPMI , dan paparan Kebijakan Evaluasi Mutu Internal oleh Prof. Tirza Hanum, setiap sesi paparan diakhiri dengan tanya jawab. Hari kedua pendalaman materi yang dipaparkan pada hari pertama, kelas pertama difasilitatori oleh Prof. Johannes dan Prof. Tirza sedangkan kelas kedua difasilitatori oleh Prof. Bernadette dan Prof. Moses. Sosisalisasi dan Workshop diakhiri dengan doa dan penutupan oleh Koordiantor Kopertis wilayah IV, Prof. Abdul Hakim Halim. (hz/penjamu/editor/HKLI))