Home » Berita

Ditjen BelmawaTerima Tim Kerjasama Universitas dari Finlandia

19/04/2016

Jakarta – Belmawa.  Dr. Paristiyanti Nurwardani, Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti menerima kunjungan resmi tim universitas dari Finlandia sebanyak 8 delegasi pada Rabu, 13 April 2016.   Dalam pertemuan ini masing-masing pihak mempresentasikan tentang kebijakan kerjasama pendidikan tinggi dan penelitian. Dilanjutkan diskusi tentang usulan konten kerjasama secara umum. Paristiyanti Nurwardani selanjutnya menyatakan akan memohon dukungan untuk pelaksanaan kerjasama ini dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Sebelum kerjasama Ditjen Belmawa dan Tim Universitas di Finlandia, sesungguhnya telah ada Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Finlandia mengenai Kerja sama Ekonomi, Industri dan Teknologi yang ditandatangani pada tanggal 12 Oktober 1987 di Jakarta. Kerjasama Indonesia dan Finlandia tersebut banyak dilakukan dipelbagai bidang antara lain Kehutanan, Bioekonomi, Pangan dan Pertanian, dan Ketahanan Pangan, Energi dan Energi Terbarukan, Teknologi Bersih, Transportasi, logistic dan Infrastruktur juga bidang Pembelajaran dan Pengajaran (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesi, Pembelajaran Elektronik). Sementara untuk proposal kerjasamaa saat ini dengan Belmawa, sedang dibuat draft yang akan diarahkan kepada peningkatan mutu pendidikan di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) juga pengingkatan kapasitas melalui pertukaran mahasiswa, dosen, peneliti, professional dan ahli serta pengembangan dan penilaian kurikulum dan kualifikasi kurikulum.

Untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi, diskusi khususnya LPTK,  mendapat perhatian khusus. Gagasan awal yang berkembang terkait ini adalah bagaimana mengembangkan program untuk peningkatan mutu pembelajaran bagi mahasiswa dan siswa. Seminar kick off pelaksanaan program, workshop bagi dosen di Indonesia, kunjungan dosen dan tim Belmawa ke Finlandia untuk ada observasi dan berperan aktif dalam kegaitan pembelajaran di Finlandia agar dapat memahami bagaimana model pembelajaran di sana. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat dikembangkan model pembelajaran dalam konteks Indonesia untuk peningkatan mutu pembelajaran di LPTK.

Tim Direktorat Pembelajaran Belmawa  dan Tim Finlandia melanjutkan pembahasan rencana program kerjasama dibidang pendidikan. Tim Finlandia meminta penjelasan secara umum tentang sistem pendidikan LPTK termasuk Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pembahasanya meliputi tentang tahapan untuk pelaksanaan kerjasama.  Sebagai tahap awal, telah disepakati akan disusun draft proposal kegiatan peningkatan mutu pendidikan LPTK melalui serangkaian kegiatan baik di Indonesia maupun di Finlandia. Dalam proposal ini tentu saja harus dipetakan tentang konten kegiatan, jadwal dan rencana anggarannya. Anggaran akan menjadi tanggungan kedua belah pihak. Disepakati pula bahwa perlu dibentuk Tim Bersama untuk merancang dan mempersiapkan kegiatan secara detil. Tim Belmawa bersama perwakilan 5 LPTK direncanakan akan berkunjung ke Finlandia tahun ini untuk melihat dan mempelajari secara langsung tentang kegiatan pembelajaran di Universitas Finlandia dan bertemu para pihak PT. Selanjutnya, akan merumuskan secara detil tentang kegiatan seminar dan workshop bagi para dosen LPTK dan juga perwakilan guru sekolah. Kegiatan Seminar dan workshop juga kemungkinan dapat dimulai tahun 2016. Sedangkan untuk riset kehutanan, akan dibahas dilain waktu yang akan disepakati bersama dengan para pihak terkait.

Ditjen Belmawa bergerak secara dinamis merintis dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri. Hal ini merupakan pengejawantahan dari amanah negara untuk memajukan pendidikan tinggi di Indonesia melalui beragam pendekatan dan sumber daya. Beragam tantangan yang ada, menjadi pemicu untuk terus maju pantang mundur mencari dan mengembangkan peluang-peluang kerjasama untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi dan riset nasional. (HS/Editor/HKLI)