Home » Berita

Dirjen Belmawa Terima Delegasi Pemerintah Provinsi Gyeonggi Korea Selatan

19/04/2016

Jakarta – Belmawa.  Prof Intan Ahmad, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen. Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdti) menerima kunjungan delegasi Gyeonggi Provincial Government, Korea Selatan di ruang rapat Lt. 7, Ditjen. Belmawa pada Senin, 20 Januari 2016.

Dalam pertemuan yang sangat bersahabat tersebut, delegasi Korsel yang dipimpin oleh  Mr. Cho Tae Hun, Deputy Director, Foreign Policy Division, Gyeonggi Provincial Government menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan antara lain untuk memperluas kerjasama antara Gyeonggi Provincial Government dengan Indonesia terutama kerja sama dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan business starter. Disampaikan pula bahwa lokasi Gyeonggi Province berdekatan dengan Seoul, Ibu Kota Korsel, sebagai pusat budaya, dan pusat industri semi konduktor, LCD, dan lain-lain. Gyeonggi Province juga telah berkerjasama dengan Provinsi Sulawesi Selatan sejak 2002 dalam bidang ekonomi dan pertanian.

Sementara itu, Intan Ahmad dengan ramah menyampaikan Welcome Address dan memberikan apresiasi kepada Gyeonggi Provincial Government atas tawaran Invitational Program for Talented Indonesian Youths. Profesor Biologi ITB ini menggambarkan kompleksitas sistem pendidikan tinggi di Indonesia yang terdiri dari sekitar ~4.400 perguruan tinggi dengan ~23 ribu program studi dan 7 juta mahasiswa. Hal ini menyebabkan terjadinya disparitas kualitas mahasiswa. Tentu, program ini akan mendukung peningkatan kualitas mahasiswa Indonesia. Intan meyakinkan para delegasi bahwa Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung merupakan the best top three  perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Lebih lanjut, Mr. Cho Tae Hun menjelaskan bahwa program ini sebagai tindaklanjut dari inisiasi program kerjasama Gyeonggi Provincial Government dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Mei 2015.  Pada Januari 2016 Pemerintah Korsel mengirimkan proposal dimana pelaksanaan program tersebut pada Juni s.d. Desember 2016 (6 bulan), dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh Gyeonggi Provincial Government.

Dalam kunjungan kali ini, turut serta dalam rombongan Gyeonggi Provincial Government, Professor Minkoo Kim, dari Department of Software, AJOU University yang akan menjadi tempat pelatihan program tersebut. Sekilas disampaikan tentang Profil AJOU University yang terkenal sebagai Sofware-Specialized University dan Leading Research University di Korea Selatan.  AJOU University terlibat dalam High-tech Professional Study and Training in ICT dan Korean Language Program. ICT Training dalam bidang Mobile Programming, Mobile Application (Game, Web Service, Business Domain), Mobile Computing, Advanced Software Engineering, Advanced Data Mining, dan Internet of Things. (AS/Editor/MG)