Home » Berita

Akper Panca Bhakti Lampung Turut Serta Adakan Ukom Nasional Keperawatan

19/04/2016

Lampung – Belmawa.  Menjadi perawat di Indonesia tidaklah mudah.  Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi  tak terkecuali Uji Kompetensi. Uji Kompetensi merupakan suatu proses penapisan untuk menjamin perawat yang teregister memiliki kompetensi yang dipersyaratkanTujuan dilakukannya uji kompetensi terhadap lulusan baru secara nasional mencakup menegakkan akuntabilitas professional perawat dalam menjalankan peran profesinya dan menegakkan standar dan etik prosesi dalam praktek serta melindungi kepercayaan masyarakat terhadap profesi perawat.

Hal inilah yang dihadapi 250 Peserta Uji Kompentsi atau Ukom Diploma Keperawataan yang diadakan pada sabtu 16 April 2016 yang lalu bertempat di Akper Panca Bhakti Kota Bandar Lampung. Institusi yang mengikuti Ukom kali ini, yakni Akper Malahayati, Panca Bhakti, Muhammadiyah Pringsewu, dan Bunda Delima.

Ns. Anton Surya Selaku Penanggung Jawab Lokasi mengatakan, “ada 263 Peserta yang mendaftar dan mengikuti Brifing guna pelaksanaan Ukom di Panca Bhakti”, tetapi lanjut Anton yang juga dosen di Akper Panca Bhakti ini yang mengikuti Ukom hanya 250 peserta.

Sementara Panita Pusat Ukom di Akper Panca Bhakti, Roni Saputra dan Yefrizal mengatakan Ukom ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, tak kurang dari 416 titik lokasi ujian dengan peserta Ukom sebanyak 62.891  peserta.

Menurut Yefrizal yang juga dosen di Akbid Kerinci Jambi ini “Ukom diperlukan guna mendapatkan sertifikat kompetensi. Sertifikat ini merupakan syarat utama untuk mendapatkan registrasi yang dibutuhkan perawat untuk melalukan pelayanan kesehatan”

Roni Saputra ketika dimintai keterangan terkait sertifikat UKOM memberikan komentar  “Sertifikat ini berlaku selama 5 Tahun dan dapat diperpanjang setiap 5 tahun” untuk itu Roni mengharapkan agar peserta Ukom di Panca Bhakti ini dapat bersungguh-sungguh mengikuti Ukom dengan harapan agar para peserta dapat lulus secara bersama-sama. (GPK-AS/Editor/HKLI)